Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sudah SNI, Masyarakat Indonesia Tak Perlu Ragu Akan Kualitas Minyak Makan Merah

Sudah SNI, Masyarakat Indonesia Tak Perlu Ragu Akan Kualitas Minyak Makan Merah Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah telah menyiapkan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) untuk Minyak Makan Merah (M3) yang akan launching pada bulan Januari 2023 mendatang. Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad mengatakan, tujuan disusunya SNI guna menjadi acuan untuk para pelaku usaha khususnya koperasi petani sawit dalam memproduksi minyak makan merah sesuai standar.

Menurutnya, dalam hal ini terdapat syarat mutu atau prasyarat mutu untuk minyak makan merah yang aman, bergizi, sehat, dan bermutu.

Baca Juga: BPDPKS Danai Penelitian Teknologi Bensa & Produksi MIVO dan Minyak Makan Sehat Berbasis Sawit

"Parameter ini kami tuangkan dengan nomer SNI 9098 Tahun 2022. Intinya, dijadikan acuan pada koperasi petani sawit yang akan memproduksi M3 ini," ujarnya dalam konfrensi pers di Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM), Selasa (4/10/2022).

Kukuh menjelaskan, dalam membuat SNI minyak makan merah menggunakan konsesus berdasarkan asas kesepakatan para stakeholder di bidang standarisasi. Dalam hal terdapat empat kluster yang terlibat yaitu pemerintah, industri atau asosiasi atau kelompok pakar, ilmuan dan akademisi, serta konsumen.

Untuk itu, ketika SNI diterapkan oleh koperasi dan para pelaku usaha tentunya akan ada pembinaan oleh pemerintah. Pasalnya, dalam pembuktian produk jika sudah sesuai standar perlu ada proses sesuai standar yang di lewati.

"Perlu ada proses umumnya seperti sertifikasi yang didukung oleh pengujian laboratorium. Dalam konteks itu juga badan standarisasi nasional siapkan laboratorium dan lembaga sertifikasi yang kompeten untuk melakukan pengujian sertifkasi minyak makan marah," jelasnya.

Baca Juga: Walaupun DED Terlambat, Teten Masduki Yakin Pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah Akan Sesuai Target

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki menegaskan, SNI untuk minyak makan merah sudah keluar dan telah siap. Untuk itu, diharapkan masyarakat tidak perlu merasa khawatir untuk kualitas, keamanan, dan kelayakannya.

Baca Juga: OJK Bakal Evaluasi Semua Produk Saving Plan di Industri Asuransi

Baca Juga: Pendukungnya Sebut Anies Kerap Diserang Isu Hoaks, Waketum Partai Garuda Sentil: Jika Tidak Mampu Menari, Jangan Salahkan Lantainya

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: