Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Bisa Sukses dengan Digital Marketing Melalui Platform Digital Berbagi

UMKM Bisa Sukses dengan Digital Marketing Melalui Platform Digital Berbagi Kredit Foto: Unsplash/ Scott Graham
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia terbilang tertinggal dibanding negara-negara anggota G20. Indeks yang didapat Indonesia pada 2017 sebesar 4,33 poin, angka ini berada di posisi 144 dunia atau kedua terendah di G20 setelah India.

Sementara itu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), dari tiga sub indeks Pembangunan Teknologi Informasi (IP-TIK) Indonesia yaitu infrastruktur, intensitas pengguna dan keahlian/kecakapan, sub-indeks kecakapan memiliki skor terendah. IP-TIK tahun 2019 memiliki skor 5,32, sementara pada 2020 naik sedikit menjadi 5,59. 

Baca Juga: Simak Cara Menjaga Jejak Digital Tetap Bersih di Dunia Maya

"Itulah mengapa kita perlu cakap bermedia digital. Jadi individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras maupun lunak dalam lanskap digital, aplikasi perpesanan, media sosial, dompet digital, loka pasar, dan transaksi digital," kata Wakil Koordinator Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Bekasi Raya, Kristien Mey, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu (1/10/2022).

Salah satu kecakapan digital di era teknologi adalah kemampuan digital marketing, sebagai suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet untuk mempromosikan produk atau jasa. Mengutip Investopedia, digital marketing adalah cara sebuah perusahaan menjangkau konsumennya melalui internet, media sosial, dan saluran lainnya. 

Baca Juga: Komunikasi di Media Digital Harus Mengedepankan Empati

Ada beberapa alasan mengapa digital marketing dipakai, yaitu bisa mendapatkan target sasaran calon pelanggan yang tepat, mulai dari siapa, umurnya, hingga spesifik gender dan lokasinya. Selain itu, digital marketing bisa menganalisis data, kemudian lebih bersifat interaktif ada feedback langsung dari costumer dengan tombol suka dan komentar. Digital marketing juga jauh lebih terjangkau pengeluaran untuk promosinya. 

Digital marketing juga bisa dilakukan melalui saluran platfom milik perusahaan sendiri misalnya akun media sosial yang dirawat selama ini. Dapat pula menyertakan iklan berbayar, namun jauh lebih terjangkau dan bisa melalui review secara online atau liputan media. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: