Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nasdem Dianggap Pasang Badan Jika Ada yang Serang Anies Baswedan: Kalau Ada Apa-apa, Kita Tentu Bersama Dia

Nasdem Dianggap Pasang Badan Jika Ada yang Serang Anies Baswedan: Kalau Ada Apa-apa, Kita Tentu Bersama Dia Kredit Foto: Twitter/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Partai Nasdem telah resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai Capres di Pilpres 2024. Pengumuman disampaikan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP NasDem, Jakarta, Senin (3/10).

Surya Paloh mengatakan, percepatan deklarasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak ada kaitannya dengan permasalahan Anies di KPK. 

"Kenapa deklarasinya bukan bulan November dan jadinya sekarang? Saya pikir hari ini lebih baik. Sederhana saja. Untuk terkait ada hubungannya dengan KPK? Tidak ada kaitannya," katanya saat konferensi pers. 

Baca Juga: Anies dan Ganjar Lewat! Prabowo Subianto Disebut yang Paling 'Nyaman' untuk Maju di Pilpres 2024

Meski demikian, Analis Politik sekaligus CEO & Founder Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai, langkah Partai Nasdem mengumumkan Anies sebagai capres bertujuan untuk membela Anies di tengah isu kasus Formula E yang sedang digarap KPK. 

"Kalau sekarang urusan KPK tidak hanya dengan Anies, urusannya sama Nasdem. Artinya KPK tidak lagi berhadapan dengan Anies saja, juga akan berhadapan dengan Nasdem," kata Pangi

Kendati begitu, NasDem memastikan, bakal mendampingi Anies atas setiap permasalahan yang menghampiri Gubernur DKI Jakarta itu ke depan. 

Baca Juga: Anies Bakal Jadi Pesaing Prabowo di Pilpres 2024, Respons Gerindra Tegas: Melawan Siapa pun Kita Siap!

"Kalau sekarang, karena Anies sudah menjadi bagian dari pekerjaan NasDem ke depan, kalau ada apa-apa, tentu kita harus ikut, tapi tidak spesifik KPK," kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP NasDem Hermawi Taslim kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/10) malam. 

Hermawi enggan NasDem disebut 'pasang badan' untuk Anies. Baginya, frasa itu terlalu vulgar. Dia mengatakan, pada pokoknya, NasDem akan melakukan hal terbaik untuk Anies sebagai calon presiden. 

Baca Juga: Surya Paloh Sebenarnya Enggak Yakin Anies Bakal Menang di Pilpres 2024

"Artinya, mulai sejak dia menyatakan menerima (diusung sebagai capres) bersama kita, kita tentu bersama dia. Kalau dia ada apa-apa, kita ada terhadap dia. Kalau kita ada apa-apa, dia ada terhadap kita," ujarnya.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: