Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jangan Ambil Hati Komentar Negatif

Jangan Ambil Hati Komentar Negatif Kredit Foto: Unsplash/Jeremy Bezanger
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemahaman mengenai netiket atau tata krama berinternet membantu terhindar dari berkomentar negatif di media digital. Individu selalu sadar berinteraksi dengan orang lain, bukan sekadar deretan karakter huruf di layar monitor, tapi degngan karakter manusia sesungguhnya.

Digital Campaign Strategist Seknas Jaringan GUSDURian, Muhammad Pandu mengatakan, sekarang ini komentar negatif selalu ada di banyak akun media sosial orang. Bahkan meski tidak melakukan apapun, hanya posting kegiatan sehari-hari, pasti ada yang berkomentar negatif.

Baca Juga: Hindari Responsif terhadap Komentar Negatif

Individu bisa menerapkan beberapa cara merespons komentar-komentar negatif tersebut. Salah satunya dengan membiarkan saja. Sebab, orang yang berkomentar negatif biasanya hanya ingin memancing amarah.

"Tidak usah masukan hati. Kalau sudah kita biarkan, tidak usah dipikirkan. Kadang orang mengetik pakai tangan tanpa hati, jadi kita membacanya juga tidak perlu pakai hati," kata Pandu saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Kamis (6/10/2022).

Baca Juga: Simak Cara Atasi Komentar Negatif di Medsos

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Pandu membagikan pengalamannya mengelola akun media sosial komunitas dengan banyak follower. Menurut dia, setiap membicarakan campaign, pasti ada orang-orang tidak sepakat dan berkomentar negatif.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: