Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Warganet Perlu Berani Manfaatkan Peluang di Dunia Digital

Warganet Perlu Berani Manfaatkan Peluang di Dunia Digital Kredit Foto: Unsplash/ConvertKit
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dunia digital menawarkan beragam manfaat. Sekarang ini setiap individu berpeluang meraih cuan dari sejumlah pekerjaan yang memanfaatkan digitalisasi.

"Tinggal pilih. Artinya silakan dikuasai terlebih dulu potensi yang dimiliki. Biasanya orang ketika melihat peluang itu, kadang tertarik tapi tidak berani memulai," kata Direktur LKP Mitra Ilmu dan Relawan TIK Tulungagung, Khotibul Umam, M.Pd saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Senin (24/10/2022).

Baca Juga: Etika Digital Jadi Acuan Bersikap Warganet

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Dengan terbukanya peluang, lanjut dia, individu harus segera mulai mengembangkan potensinya. Misal memiliki kemampuan buat video dan ingin menjadi konten kreator, maka buatlah konten tersebut dan mengunggahnya di media sosial, YouTube, atau platform lainnya.

Baca Juga: Simak Cara Bikin Konten Bagus dan Beretika Berbeda

Sekarang ini banyak individu memanfaatkan dunia digital mengembangkan usahanya. Mereka berjualan online melalui media sosial atau lokapasar (market place).

"Masalah kesempurnaan bisa menyusul, Kalau saat ini mungkin tidak langsung laku, tapi kita harus konsisten terus menerus lakukan. Berkolaborasi atau bergabung dengan komunitas yang mendukung apa yang dilakukan. Kalau berjualan, masuklah ke komunitas UMKM dan lain sebagainya," kata Khotibul.

Baca Juga: Gerindra Diminta Buka Isi Perjanjian Politik dengan Anies Baswedan, Perbuatan Prabowo Bisa Jadi Penentu Keabsahan

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: