Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Embarkasi Haji di Indramayu Siap Digunakan pada Musim Haji 2023

Embarkasi Haji di Indramayu Siap Digunakan pada Musim Haji 2023 Kredit Foto: AP II
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali mengatakan embarkasi haji di Kabupaten Indramayu akan secara efektif digunakan mulai musim haji 2023.

Dengan begitu, kehadiran embarkasi haji yang ada di Kabupaten Indramayu ini akan menjadi tempat persinggahan calon jemaah haji dari Provinsi Jawa Barat khususnya masyarakat di wilayah Jawa Barat wilayah timur sebelum diterbangkan menuju Arab Saudi.

Hal itu disampaikannya usai melaksanakan Istighosah dan do’a bersama yang digelar dalam rangkaian kegiatan puncak Hari Santri Nasional (HSN) 1444 H/2022 M Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Aula Embarkasi Haji Indramayu, kemarin.

Menurut Nizar, seyogyanya calon jemaah haji yang berasal dari Jawa Barat dapat terbang dari Bandara Kertajati yang berlokasi di Kabupaten Majalengka. Mengingat lokasi asrama haji yang berada di embarkasi Indramayu ini cukup dekat dengan bandara, hal tersebut menjadikan calon jemaah haji Jawa Barat tidak perlu lagi berangkat melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Insyaallah calon jemaah haji yang berasal dari Jawa Barat khususnya wilayah timur pada tahun 2023 akan berangkat dari Bandara Kertajati sehingga tidak perlu lagi masuk Asrama Haji Pondok Gede karena Jawa Barat sudah memiliki asrama haji yang ada di embarkasi haji Indramayu ini,” ungkapnya

Dengan berangkatnya calon jemaah haji Jawa Barat dari embarkasi Indramayu melalui Bandara Kertajati, dapat memangkas anggaran serta waktu tunggu keberangkatan jemaah haji di bandara.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam mengatakan, embarkasi Indramayu akan dilengkapi sejumlah fasilitas yang dapat menunjang operasional pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji seperti masjid, asrama haji, museum haji, serta area manasik haji yang representatif.

“Fasilitas yang dimiliki oleh embarkasi ini sangat cukup untuk menunjang pelaksanaan ibadah haji. Bahkan fasilitas seperti area manasik haji dapat digunakan oleh anak-anak sekolah yang akan melakukan manasik haji,” katanya.

Baca Juga: Saudi Berikan Kemudahan Jemaah Indonesia, Mulai Visa Haji dan Umrah Diperpanjang jadi 90 Hari Hingga Hapus Syarat Kesehatan

Bupati Indramayu Nina Agustina pun sangat mengapresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Agama yang telah memutuskan wilayah dibawah kepemimpinannya untuk dapat dijadikan embarkasi haji.

Diharapkan Bupati Nina, dengan adanya embarkasi haji tersebut dapat memberikan ruang bagi Kabupaten Indramayu untuk dapat berperan aktif dalam mendukung penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia khususnya di Jawa Barat.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua