Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

9.332 Rumah Tangga di Jawa Tengah Nikmati Sambungan Listrik Gratis

9.332 Rumah Tangga di Jawa Tengah Nikmati Sambungan Listrik Gratis Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebanyak 9.332 Rumah Tangga di Provinsi Jawa Tengah mendapatkan instalasi listrik gratis melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari target total 80.000 rumah tangga se-Indonesia.

Anggota Komisi VII DPR RI Rofik Hananto dalam Peresmian Program BPBL di Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Senin (31/10/2022) mengapresiasi program BPBL sebagai upaya negara hadir di tengah masyarakat.

Baca Juga: Pastikan Keandalan Listrik Saat G-20, PLN Perkuat Sistem Listrik Jawa Timur- Bali

"Program BPBL adalah salah satu yang diperjuangkan Komisi VII DPR agar negara hadir, di antaranya sebanyak 1.801 rumah tangga di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah ini," ujar Rofik dikutip dari keterangan yang diterima di Jakarta.

Ia menyampaikan, meskipun rasio elektrifikasi hampir mencapai 100 persen, kondisi di lapangan masih banyak yang menyalur, khususnya di daerah terluar, terdepan, tertinggal (3T). "Saya kira ini program yang sangat bagus. Purbalingga ini bukan daerah 3T, kalau ada masyarakat yang masih menumpang listriknya kasihan," tuturnya.

Ia lantas mengajak masyarakat yang belum memiliki instalasi listrik sendiri untuk mendaftar melalui kepala desa agar menjadi calon penerima Program BPBL.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM M.P. Dwinugroho mengatakan bahwa program BPBL diharapkan dapat mengurangi susut jaringan dari penarikan-penarikan sambungan dari tetangga yang tidak sesuai dengan ketentuan.

"Sambungan listrik yang tidak sesuai dengan kaidah keselamatan ketenagalistrikan tentu sangat berbahaya. Kami dari Kementerian ESDM terus menyosialisasikan aspek keselamatan ketenagalistrikan. Karena seperti yang kita ketahui, listrik selain bermanfaat, juga berbahaya," ia menjelaskan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: