Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menko Luhut: Indonesia Miliki Peran Besar dalam Pemulihan Ekonomi Dunia

Menko Luhut: Indonesia Miliki Peran Besar dalam Pemulihan Ekonomi Dunia Kredit Foto: Kemenko Marves
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, menghadiri Indonesia Deposit Insurance Corporation (IDIC) International Seminar 2022 pada Rabu (9-11-2022). Seminar internasional ini diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan mengusung tema Climate Change, Decarbonization, Sustainability, & Green Economy yang merupakan bentuk dukungan LPS terhadap agenda prioritas pemerintah.

Dalam sambutannya, Menko Luhut mengatakan bahwa sebagai Presidensi G20, Indonesia akan berperan dalam pemulihan ekonomi dunia dan pembangunan berkelanjutan. Sebagai tuan rumah G20 tahun ini, Indonesia menyediakan platform bagi para pemimpin dunia untuk membahas bagaimana dapat mendorong tindakan yang berkomitmen dan kolektif untuk memastikan bahwa Indonesia inklusif dalam pemulihan ekonomi dunia, dan tidak meninggalkan siapa pun.

Baca Juga: Punya Komoditas, Luhut Optimis RI jadi Negara dengan Pendapatan Terbesar di Dunia

"Terdapat tiga area yang menjadi fokus, yaitu strengthening global health architecture, digital transformation, dan energy transition. Area fokus tersebut adalah masalah umum yang melintas batas geografis tradisional. Mereka adalah tantangan kompleks yang membutuhkan penyelarasan dan kolaborasi di tingkat regional dan global," ungkap Menko Luhut.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, mengatakan bahwa dari tema yang diangkat kali ini, LPS ingin meningkatkan awareness akan pentingnya isu perubahan iklim di kalangan deposit insurance berbagai negara.

"Kami berharap LPS bisa menjadi salah satu pioneer dalam isu ini di kalansgan deposit insurance. Kami membuka ruang dialog di antara berbagai deposit insurance supaya kita memiliki suatu inisiatif bersama yang nantinya dapat turut serta berkontribusi dalam memperkuat stabilitas dan pemulihan sistem keuangan global yang lebih berkelanjutan," jelasnya.

Selain itu, LPS sebagai salah satu otoritas keuangan di Indonesia terus mendorong upaya pemerintah dalam melakukan transisi menuju green economy dan saat ini juga telah memiliki program LPS Banking Award yang salah satu kategorinya adalah Bank teraktif dalam Green Banking. Hal ini dilakukan untuk memberikan dukungan bagi industri perbankan yang memiliki peran besar dalam mendukung perbankan hijau.

Baca Juga: Jangkau Nasabah UMKM, Fintech KoinWorks Akusisi BPR Asri Cikupa Karya

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: