Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelaku UMKM Ciptakan Talang Air Berbahan Baja Ringan

Pelaku UMKM Ciptakan Talang Air Berbahan Baja Ringan Kredit Foto: Kemenkop-UKM
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai pencetus Talang Air berbahan galvalum/Baja Ringan di Jawa Timur, PT Balaraja Kencana Mas menjadi salah satu pelaku UMKM yang memanfaatkan peluang bisnisnya.

Pria yang disapa Richard selaku pemilik PT Balaraja Kencana Mas menceritakan perjalanan bisnisnya yang tidak mudah. Dengan penuh perjuangan, Richard memegang teguh konsistensi dan menjaga kepercayaan konsumen dalam menjalankan usahanya.

Baca Juga: Teten Dorong Kemitraan UMKM dengan Perusahaan Besar

"Berawal di tahun 2012 saya memulai usaha sebagai distributor dari pipa PVC. Perjalanan tersebut tidaklah mudah, dengan penuh perjuangan dan bisnis yang tidak selalu untung. Saya berpegang teguh pada konsistensi dan menjaga kepercayaan pelanggan dalam menjalankan usaha," kata Richard dalam keterangan resmi Kemenkop-UKM, Sabtu (26/11/2022).

Seiring dengan berjalanya waktu, Richard melihat peluang baru dengan hadirnya bahan baku berjenis galvalum/baja ringan. Menurut Richard, selain lebih tahan lama, galvalum/baja ringan lebih mudah untuk dipasang. Selain itu, galvanum/baja ringan saat itu merupakan barang baru di Indonesia. Oleh sebab itu, dirinya merasa beruntung sebab galvalum/baja ringan memiliki peluang yang bagus untuk dipasarkan di Jawa Timur.

Dia memaparkan, pola konvensional rangka konstruksi berbahan dasar bambu mulai ditinggalkan karena diperlukan kemampuan khusus untuk membangun konstruksi, dan galvalum/baja ringan merupakan barang baru di Indonesia dan lebih mudah dipasang seperti puzzle. Richard juga memanfaatkan galvalum/baja ringan untuk berkreasi membuat talang air kotak berbahan galvalum/baja ringan yang sudah dirinya patenkan.

"Karena saya bermula dari pipa PVC, saya memahami akan kebutuhan konsumen untuk talang air. Jadi, pelan-pelan saya ingin menciptakan penggantinya PVC. Saya sering dengar dari konsumen, talang air berbahan PVC cepat rusak, ini yang membuat saya ingin memberikan satu solusi untuk talang air ini," kata Richard.

Baca Juga: Bupati Giri Prasta Hadiri Puncak HUT Sekaa Teruna Surya Chandra Banjar Kedewatan ke-32

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: