Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ramai Isu Relawan Jokowi yang Hadir di Acara GBK Dibohongi dan Sengaja Dimobilisasi, Refly Harun: Sangat Miris Rasanya

Ramai Isu Relawan Jokowi yang Hadir di Acara GBK Dibohongi dan Sengaja Dimobilisasi, Refly Harun: Sangat Miris Rasanya Kredit Foto: Instagram/Refly Harun
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik Refly Harun mempertanyakan soal mobilisasi relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Nusantara Bersatu yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11/2022).

Sebelumya, di media sosial heboh pengakuan massa yang diundang di acara tersebut tidak sesuai dengan yang seharusnya serta indikasi mobiliasasi massa bayaran. Video-video dan narasi di sosial media mengenai pengakuan peserta pun bertebaran.

Baca Juga: Geger Kabar Rakyat Dibohongi untuk Datang ke Acara Relawan Jokowi, Refly Harun Blak-blakan: Pemerintah Sudah Tak Percaya Diri!

Menurut Refli, jika kabar itu benar maka termasuk dalam hal yang patut disayangkan.

"Kalau ini benar, pertama dia bukan massa genuine, kedua mereka dimobilisasi, ketiga dibohongi, sangat membuat miris rasanya, kok bisa?" ujar Refly melalui kanal Youtube miliknya, Senin (28/11/2022).

Refly lalu membeberkan hal lain jika memang massa yang ada adalah hasil dari mobilisasi dan bayaran.

Menurut Refly, hal tersebut menunjukkan Pemerintah sudah tak lagi percaya diri dengan apa yang seharusnya mereka capai atau kerjakan.

"Itu menunjukkan pemerintahan tidak terlalu percaya diri lagi dengan apa yang seharusnya mereka capai," paparnya. 

Lebih lanjut, Refly menyebut jika pemerintahan Jokowi percaya diri dengan apa yang dikerjakan dan capai, tentu hal semacam mobilisasi dan bayaran ini tak akan terjadi.

Baca Juga: Pentolan Relawan Terang-terangan di Depan Jokowi Mau Perang dengan Kubu Lawan, Refly Harun Nggak Main-main: Maksudnya Apa?!

Pasanya kata Refly, sangat mudah untuk membedakan mana relawan atau simpatisan yang memang sungguh-sungguh mendukung dengan bayaran

"Mudah cara membedakaannya, yang dimobilisasi itu yang datang bukan karena kehendaknya sendiri tapi karena dimobilisasi, tapi relawan yang genuine adalah kumpul dengan kehendaknya sendiri," katanya.

Baca Juga: Gandeng Bank dan Multifinance, Penyaluran Pendanaan Modal Rakyat Sentuh Rp 5,1 Triliun

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: