Tokopedia melalui Tokopedia Affiliate Program mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan komisi dengan mempromosikan jutaan produk di Tokopedia melalui link afiliasi yang dibagikan lewat media sosial. Pasalnya, di era social commerce, masyarakat cenderung mencari informasi/inspirasi sambil belanja atau sebaliknya.
"Animo masyarakat terhadap Tokopedia Affiliate Program sangat tinggi. Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate naik hampir 5 kali lipat di kuartal III 2022 dibandingkan dengan kuartal I 2022," kata AVP of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari, kepada wartawan secara daring, Senin (28/11/2022).
Baca Juga: Jelang Hari Pahlawan, Simak Kisah UMKM Memberdayakan Masyarakat Sekitar Melalui Tokopedia
Selain itu, jumlah anggota yang bergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia naik 2 kali lipat, sedangkan jumlah transaksi yang terjadi melalui Tokopedia Affiliate Program meningkat 4 kali lipat.
Kategori yang paling banyak direkomendasikan Affiliate, yaitu Makanan dan Minuman, Ibu dan Bayi, Kesehatan, serta Perawatan Tubuh dan Kecantikan. Wilayah dengan kenaikan jumlah Affiliate terdaftar paling tinggi adalah Pekalongan (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), Musi Banyuasin (Sumatra Selatan), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), hingga Kendari (Sulawesi Tenggara).
Nirmala menjelaskan Tokopedia Affiliate Program memberikan berbagai keuntungan di antaranya untuk pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) bisa meraih komisi hingga 10% maksimum Rp50.000 ketika produk berhasil terjual dari link khusus yang dibagikan. Komisi Rp50 juga bisa didapatkan dari setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate.
"Affiliate bisa memantau secara real-time performa dari link afiliasi pada halaman dashboard yang bisa diakses kapan pun lewat aplikasi Tokopedia. Selain itu, Affiliate bisa bergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia untuk berbagi pengalaman dan mengasah skill sebagai kreator konten dengan kreator konten lainnya yang berpengalaman," ungkapnya.
Baca Juga: Cara Memahami Product Development di Dunia Startup Bersama VP Product Tokopedia
Tokopedia Affiliate juga bisa membuat strategi affiliate marketing penjual, khususnya UMKM lokal, menjadi lebih interaktif dan menarik. Pasalnya, Affiliate bisa mempromosikan produk/toko penjual secara lebih kreatif melalui ulasan/video tutorial kepada kerabat, rekan, atau kreator konten lainnya. Hal ini bisa membantu penjual memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.
Saat ini, pegiat usaha tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk Affiliate karena komisi atas kunjungan ke produk atau toko dan penjualan produk yang dipromosikan Affiliate akan dibayarkan sepenuhnya oleh Tokopedia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas
Tag Terkait: