Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Keluar dari Utang dengan Tenang dan Bahagia, Hidup Lancar Jaya!

Cara Keluar dari Utang dengan Tenang dan Bahagia, Hidup Lancar Jaya! Kredit Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Utang yang buruk bisa membuat hidup menjadi tidak tenang, bahkan stress, itulah yang dikatakan oleh Roy Shakti, pakar kartu kredit Indonesia. Pasalnya, untuk memperoleh hidup yang tenang, kita harus melunasi utang dahulu.

Roy pun membagikan 4 pilar utama yang tidak boleh terganggu jika ingin melunasi utang. Ia melanjutkan bahwa penghasilan Anda tidak boleh mengganggu 4 pilar ini, yaitu:

1. Sandang (Pakaian)

Jika berutang membuat Anda tidak bisa membeli pakaian yang layak, itu berarti tingkat utang Anda sudah parah. Jangankan membeli pakaian mahal dan bermerek, mungkin membeli pakaian yang pantas saja sudah sulit, itu berarti utang Anda harus segera dilunasi.

Baca Juga: Cara Melunasi Utang dengan Cepat dan Segera, Tak Perlu Ngutang Lagi!

2. Pangan (Makanan)

Banyak orang yang sudah terlalu banyak utang, bahkan sampai tidak bisa makan. Bisa juga karena mereka stress sehingga tidak berkeinginan untuk makan. Jadi, utang Anda pastikan tidak mengganggu makan Anda 3x sehari.

3. Papan (Tempat tinggal)

Tak perlu memiliki rumah, yang terpenting adalah Anda memiliki tempat tinggal yang layak. Jangan sampai karena berutang sampai tidak punya tempat tinggal. Meskipun sederhana, hanya kos-kosan atau kontrakan, yang terpenting Anda memiliki tempat tinggal.

4. Transportasi

Memiliki akses transportasi sendiri akan memudahkan Anda mencari uang untuk membayar utang. Baik itu transportasi umum ataupun transportasi pribadi.

Keempat pilar di atas tidak boleh terganggu karena utang. Caranya adalah penghasilan Anda dikurangi keempat pilar tersebut. Sisanya bisa digunakan untuk melunasi utang. Dengan demikian, Anda bisa melunasi utang dengan tenang sambil memikirkan cara meningkatkan penghasilan Anda. Jadi, tidak hanya bergantung pada gaji, tetapi juga bisa memiliki bisnis sampingan sehingga bisa meningkatkan penghasilan.

Jangan sampai ketika penghasilan meningkat, keempat pilar itu juga ikut meningkat. Pastikan keempat pilar tersebut sederhana, jadi Anda bisa melunasi utang dengan tenang.

Permasalahan besar yang bisa Anda hadapi adalah ketika keempat pilar itu saja tak bisa Anda cukupi. Itu berarti Anda memiliki masalah besar. Ibaratkan sebuah meja yang memiliki empat kaki, ketika keempat pilar itu tak seimbang, maka hidup Anda juga tidak akan seimbang. Padahal, empat pillar itu pada sejatinya tidak membutuhkan biaya yang besar. Karena diperlukan untuk mengubah mindset dengan menurunkan gaya hidup Anda jadi lebih sederhana.

"Hidup sederhana enggak mati kok. Justru orang mati karena gengsi," ujar Roy Shakti.

Dengan hidup sederhana tanpa memikirkan gengsi, Anda bisa terbebas dari utang dan hidup lebih tenang.

Baca Juga: Meriahkan Bulan Bahasa Bali V, Desa Dangin Puri Kangin Gelar Berbagai Lomba

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: