Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Maksimalkan Bantuan Hingga Pendidikan, Kemensos Terus Mengawal Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Maksimalkan Bantuan Hingga Pendidikan, Kemensos Terus Mengawal Pemulihan Korban Gempa Cianjur Kredit Foto: Kemensos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Sosial memperhatikan detail kebutuhan para pengungsi terdampak gempa di Cianjur, Jawa Barat. Upaya ini dilakukan untuk mendukung pemulihan kegiatan serta meningkatkan kenyamanan para pengungsi.

Memasuki pekan kedua pasca terjadinya gempa, berbagai bantuan dan layanan komprehensif terus diberikan Kemensos kepada para pengungsi. Baik itu bantuan logistik, santunan, atensi, dan sebagainya.

Baca Juga: Beri Rasa Nyaman dan Aman, Kemensos Tata Ulang Posko Pengungsian Gempa Cianjur

Menilik kondisi di lapangan serta mendengar aspirasi warga, Menteri Sosial Tri Rismaharini bergerak cepat mendorong tersedianya palet untuk posko pengungsi hingga pembangunan sekolah darurat untuk anak-anak pengungsi di Cianjur.

Untuk diketahui, palet merupakan papan kayu yang dirangkai dan diberikan ganjal di bagian bawah agar papan tersebut tidak langsung menyentuh tanah. Palet dilapisi tripleks dan dilapis lagi dengan terpal di atasnya.

“Untuk meningkatkan kenyamanan para pengungsi selama tinggal di tenda pengungsian, saya minta dipasang palet di posko-posko pengungsi,” kata Risma dalam keterangan tertulis, Senin (5/12/2022).

“Jadi bila hujan tiba, kini pengungsi tidak lagi basah rembes air. Tidur lebih nyaman,” sambungnya.

Plt Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Robben Rico menjelaskan pada Jumat (2/12) Kemensos telah memasang palet kayu di posko-posko pengungsian penyintas gempa bumi di Cianjur secara serentak. Adapun jumlahnya sekitar 4.500.

Selain memasang palet, dalam waktu dekat akan dipasang kipas angin dan kotak sampah di masing-masing posko. Robben menerangkan palet ini diinisiasi oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemensos. Di Posko Lapangan Jagaraksa, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kecamatan Cianjur, palet dikelola tiga UPT Kemensos, yakni Sentra Handayani Jakarta, Sentra Kartini Temanggung, serta Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Khusus di sini dipasang 1.000 palet kayu dan 200 papan triplek.

Sementara itu, Kepala Sentra Kartini Temanggung, Rachmat Koesnadi mengatakan palet ini menjadi konektor dari tenda pengungsian ke dapur umum, MCK, tempat ibadah, tempat LDP, tenda logistik, dan kebutuhan-kebutuhan lain. Palet kayu juga bermanfaat untuk penyimpanan bantuan-bantuan logistik di posko.

“Palet melindungi bantuan logistik dari kelembapan agar tidak mudah rusak dan berjamur saat hujan,” terang Rachmat.

Kokom (38), salah satu penyintas di Posko Lapangan Cariu mengaku lebih nyaman dengan adanya palet kayu di dalam tenda.

“Alhamdulillah setelah dipasang palet sudah tidak menggenang air lagi di tempat tidur, nyaman dan bersih,” kata Kokom.

Menurut Kokom, palet kayu ini juga juga dirasakan manfaatnya bagi relawan karena memudahkan mobilitas penyintas relawan, dan akses bantuan.

Baca Juga: Lewat Dapur Kreasi, Kemensos Siap Pulihkan Ekonomi Korban Gempa Bumi Cianjur

Kepala Sentra Margo Laras Pati Kemensos, Iwa Jiwaningsih menyebut Kemensos turut memberikan perhatian pada kelompok rentan di pengungsian, salah satunya kelompok penyandang disabilitas. Untuk itu, UPT Kemensos melakukan penyisiran ke tenda-tenda pengungsian dan melakukan asesmen komprehensif.

Baca Juga: KORPRI Kabupaten Badung Bersihkan Pantai Jerman, Kumpulkan 26 Ton Sampah Pantai

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: