Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menko PMK: Bantuan Tahap I Korban Gempa Cianjur Senilai Rp15 Juta Per Jiwa Telah Disalurkan

Menko PMK: Bantuan Tahap I Korban Gempa Cianjur Senilai Rp15 Juta Per Jiwa Telah Disalurkan Kredit Foto: Kemenko PMK
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan sebanyak 122 korban meninggal akibat gempa Cianjur telah menerima bantuan dari pemerintah. Bantuan diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Muhadjir saat mengunjungi korban bencana, Kamis (8/12/2022).

Kedatangan Menko PMK mendampingi Jokowi kali ini, selain ingin memastikan bantuan kemanusiaan menjangkau seluruh korban terdampak gempa, juga untuk memastikan proses rekonstruksi bangunan terdampak gempa berjalan.

Baca Juga: Pemulihan Pascagempa Cianjur, Menko PMK: Proses Rehabilitasi Rekonstruksi Dimulai

"Presiden barusan berkenan menyerahkan bantuan biaya pengganti rumah yang rusak baik yang berat ringan maupun sedang. Beliau juga meneyerahkan santunan keluarga yang meninggal kepada ahli warisnya," ujar Menko PMK dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

Adapun, santunan ahli waris korban meninggal dunia terdampak bencana gempa bumi Cianjur tahap I diberikan kepada 122 jiwa dengan masing-masing jumlah santunan senilai Rp15 Juta.

Baca Juga: Kembali Turun ke Lokasi Gempa Cianjur, Menko PMK Siap Rehab Rekon 14.490 Rumah Rusak

Lanjut Menko PMK, saat ini dana untuk merekonstruksi pembangunan rumah rusak di Cianjur sudah bisa digunakan untuk melakukan renovasi. Diketahui, proses rehabilitasi dan rekonstruksi telah dilakukan secara pararel dengan masa tanggap darurat bencana.

Sejumlah titik dikunjungi Menko PMK bersama Jokowi, mulai dari posko penanganan bencana hingga beberapa lokasi terdampak gempa lainnya, yakni di Posko Badan Intelijen Nasional, Batalyon Infanteri Raider 300, serta SDN 1 Sukamaju.

Baca Juga: Denny Siregar Beberkan Anies Baswedan Sedang Bermasalah, Ternyata Ini yang Jadi Pintu Masuk KPK Selidiki Lebih Dalam Formula E

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: