Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Tech Winter?

Apa Itu Tech Winter? Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tech winter adalah kondisi di mana penurunan minat dan investasi dalam teknologi. Kemajuan teknologi dan investasi di bidang-bidang seperti kecerdasan buatan tampaknya memasuki babak tech winter atau musim dingin teknologi.

Proses siklus kemajuan teknologi telah didorong oleh periode investasi dan antusiasme berlebihan di mana teknologi tertentu akan memicu lompatan ke depan dalam berbagai industri. Ketika prediksi tersebut gagal, periode akan memasuki musim dingin.

Tidak ada yang namanya jaminan pengembalian bagi investor dalam putaran apa pun. Tidak seperti gelembung dotcom, penurunan akibat dari tech winter mungkin berdampak pada modal swasta tetapi tidak pada modal publik.

Baca Juga: Apa Itu Brand Value?

Dalam gelembung dotcom, masyarakat umum bergegas membeli saham teknologi hanya untuk kemudian melihat mereka jatuh dan terbakar. Masyarakat kehilangan uang. Tetapi pada periode ini sepertinya tidak demikian.

Secara ekonomi makro dan secara psikologis, penurunan yang akan datang ini akan berdampak langsung pada perusahaan ventura tahap selanjutnya dan individu kaya swasta yang membeli saham unicorn dengan harga tinggi.

Jika perusahaan paling berharga di bidang teknologi dirugikan, kerugian tersebut akan memicu lebih banyak kerugian di seluruh ekosistem teknologi.

Singkatnya, akan ada lebih sedikit modal yang tersedia untuk semua jenis startup dan akan tersedia dengan penilaian yang jauh lebih rendah. Kapitalis ventura juga akan kesulitan mengumpulkan modal. Akan ada lebih sedikit modal yang tersedia dalam sistem secara keseluruhan, dan akan lebih mahal untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Anies Safari ke NTB, Musni Umar Singgung Penolakan Bacapres NasDem: Wajar, Tapi yang Sambut Kan Puluhan Ribu Orang

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: