Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Gernas BBI, Kementerian BUMN Ajak UMKM Kalbar Go Global

Lewat Gernas BBI, Kementerian BUMN Ajak UMKM Kalbar Go Global Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penghujung 2022 menjadi momen berharga dari langkah besar Kalimantan Barat menjadi provinsi yang menegaskan keberadaannya sebagai salah satu wajah Indonesia. Berbatasan langsung dengan salah satu wilayah Malaysia, sudah selayaknya Kalimantan Barat mendorong pengusaha UMKM, industri kecil dan menengah, serta artisan untuk bisa menembus kancah global, tentu tanpa melupakan potensi pasar digital dalam negeri.  

Langkah besar ini bernama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Barat. Di bawah arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai manajer kampanye program yang mengusung tema #CorakCorakKalbar - Membangun UMKM Kalbar Go Global ini menggandeng BNI dan tujuh Rumah BUMN untuk bisa melakukan pelatihan dan pendampingan pengusaha UMKM. Sebuah kerjasama yang menunjukkan betapa kepentingan masyarakat layak menjadi prioritas seluruh  anak bangsa.

Menteri Erick Thohir menegaskan komitmen seluruh BUMN sebagai aset milik negara untuk turut serta membangun perekonomian Indonesia. Dia menegaskan, keberadaan BUMN memang untuk membangun negeri ini. Baca Juga: Program Jitu Kementerian BUMN Tolong Perempuan Indonesia dengan UMKM

“Kami sepenuhnya menyadari bahwa tulang punggung perekonomian bangsa ini justru berada di punggung para pengusaha UMKM. jadi, untuk membangun Indonesia, penting untuk memastikan pengusaha UMKM ini mampu menjalankan usahanya tanpa halangan berarti," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Komitmen Kementerian BUMN ini dibuktikan dengan berbagai capaian luar biasa dari Gernas BBI Kalbar. Gernas ini turut mendukung penyaluran kredit digiKU Kalimantan Barat sebesar Rp200 Miliar selama periode Agustus-Oktober 2022.  

Tak hanya itu, kredit usaha rakyat (KUR) juga disalurkan ke lebih dari 75.000 UMKM di Kalbar dengan total nilai mencapai lebih dari Rp 4,26 triliun sepanjang Januari-November 2022. Sementara itu selama periode yang sama, ada tujuh UMKM eksportir asal Kalbar dengan catatan transaksi mencapai lebih dari Rp 1,1 triliun.

Nilai fantastis tersebut bukan tanpa perjalanan pelatihan dan pendampingan yang masif. Setidaknya ada 1.900 pengusaha UMKM mengikuti pelatihan bersama Mitra BUMN dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). 

Pesta Panen UMKM Gernas BBI Kalbar Harvesting Gernas BBI Kalbar digelar di Pelataran Rumah Radakng, Pontianak, 9-10 Desember 2022. Layaknya pesta usai panen, acara digelar meriah dengan menghadirkan para UMKM juara yang memperkenalkan produknya di pasar rakyat selama gelaran harvesting tersebut. Baca Juga: Kejar Target Dekarbonisasi, BUMN Andalkan Tiga Jurus Ini

Hal senada diungkapkan oleh Fauzi, SEVP Operasional BNI. Menurutnya, BNI berkomitmen untuk terus meningkatkan pembinaan UMKM di Kalimantan Barat, salah satunya dengan kegiatan yang lakukan pada hari ini. "Selain itu kami akan terus melakukan pendampingan Rumah BUMN di bawah binaan BNI yang tersebar pada 29 Rumah BUMN," kata Fauzi.

Baca Juga: Sekda Provinsi Bali Buka Turnamen Tenis Lapangan Bapor KORPRI Bali Tahun 2023

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: