Brand identity atau identitas merek adalah seperangkat alat atau elemen yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan citra merek. Identitas merek dan elemennya berasal dari misi perusahaan, proposisi nilai merek, tujuan jangka panjang, posisi kompetitif di pasar, dan relevansi dengan nilai dan minat audiens target.
Faktor-faktor tersebut memiliki sifat mendasar, dan dalam proses branding menggambarkan apa yang ingin dikomunikasikan oleh perusahaan. Identitas merek menjelaskan bagaimana elemen dasar tersebut dikomunikasikan.
Merek dapat dianggap sebagai produk, kepribadian, seperangkat nilai, dan posisi yang didudukinya di benak konsumen. Identitas merek adalah cara untuk mengekspresikan merek secara eksternal kepada dunia.
Baca Juga: Apa Itu Brand Personality?
Identitas merek adalah elemen yang terlihat dari sebuah merek, seperti warna, logo, nama, dan simbol, yang mengidentifikasi dan membedakan merek di benak audiens target. Ini adalah sarana penting untuk menumbuhkan merek perusahaan Anda.
Sebuah organisasi yang memiliki identitas merek unik dapat meningkatkan kesadaran merek, tim karyawan yang termotivasi yang merasa bangga bekerja di organisasi bermerek yang baik, pembeli aktif, dan gaya korporat.
Identitas merek mengarah pada loyalitas merek, preferensi merek, kredibilitas tinggi, harga bagus, dan keuntungan finansial yang baik. Identitas merek menetapkan hubungan langsung antara organisasi dan konsumen, menjadikan bisnis berkelanjutan dan penting dimiliki agar konsumen langsung berkorelasi dengan produk/layanan Anda.
Identitas merek harus futuristik, yaitu harus mengungkapkan asosiasi yang dicita-citakan untuk merek tersebut. Identitas merek harus mencerminkan kualitas merek yang tahan lama. Identitas merek adalah sarana dasar pengakuan konsumen dan mewakili perbedaan merek dari para pesaingnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: