Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masuk Pasar Sejak 2016, Berikut Portofolio Alibaba Cloud di Indonesia

Masuk Pasar Sejak 2016, Berikut Portofolio Alibaba Cloud di Indonesia Kredit Foto: Tri Nurdianti
Warta Ekonomi, Jakarta -

Telah melayani pasar di Indonesia sejak 2016, Alibaba Cloud kini telah memiliki berbagai produk dan layanan modern yang canggih untuk mendukung mitra lokal dalam percepatan transformasi digital.

Alibaba Cloud pun bersama dengan lokal ekosistem di Indonesia telah meneguhkan komitmennya untuk mendukung permintaan pelanggan Indonesia yang terus meningkat untuk transformasi digital di berbagai bidang termasuk mobile banking dan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP).

Selama setahun terakhir ini, Eggy Tanuwijaya selaku Head of Product Solutions for Indonesia Alibaba Cloud, menjelaskan bahwa Alibaba Cloud telah memperkenalkan serangkaian produk mutakhir di bidang analitik digital, rekomendasi cerdas, manajemen aplikasi layanan mikro, solusi keamanan yang ditingkatkan, dan blockchain sebagai layanan bagi pelanggan untuk mempercepat perjalanan transformasi digital mereka.

Baca Juga: Menganalisis Tantangan 2023, Alibaba Cloud Telah Siapkan Solusi Inovatif Terbarunya

"Portofolio pelanggan Alibaba Cloud di Indonesia, kita tidak hanya ada di mana orang berpikir oh Alibaba Cloud untuk startup saja, padahal tidak. Alibaba Cloud itu sebenarnya [pelanggan dan layanan] kita ada di beberapa sektor. Di antaranya ada di sektor financial services, fintech, payment, education and healthcare, automotive and logistic, public services, entertaiment, media, dan internet dan retail," tutur Eggy dalam acara Alibaba Cloud Indonesia year-end media roundtable pada Selasa (20/12/2022).

Adapun portofolio pelanggan Alibaba Cloud di Indonesia telah tersebar di berbagai sektor industri yang ada. Antara lain:

  • Fintech : Akulaku, Kredivo, Investree, dan Adapundi.
  • Payment : Dana, Xendit, Faspay, dan Flip.
  • Education & healthcare : Teman Bumil, Ruangguru, Universitas Prasetiya Mulya, dan BPK Penabur.
  • Automotive & logistic : Speedwork Autocare, JNE, Daya Adicipta Motors, dan Anterin.
  • Public services : Garuda Indonesia, Kartu Prakerja, BP Tapera, Jaklingko.
  • Entertaiment : DWPV, CGV, LYTO, dan Indofun Games.
  • Media : Bisnis Indonesia, DetikNetwork, Funsoft, MNC.
  • Internet/retail : Kopi Kenangan, Tokopedia, MAP, Gtech
  • Financial Services : Jojonomic, Futuready, Amar Bank, Astra Financial.

Tidak hanya itu, Eggy turut menyebutkan beberapa pelanggan yang telah berkolaborasi ataupun bermitra dengan Alibaba Cloud di Indonesia, seperti Telkomsigma yang merupakan penyedia telekomunikasi di Indonesia, AI Rudder yang merupakan perusahaan perangkat lunak penyedia teknologi Voice AI untuk membantu perusahaan mengatasi tantangan komunikasi B2C, dan juga PT Raiz Invest Indonesia (Raiz) sebagai perusahaan teknologi keuangan di Indonesia.

"Telkomsigma telah berkolaborasi dengan Alibaba Cloud untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan cloud-nya dengan memanfaatkan tumpukan Apsara dari Alibaba Cloud di mana Telkomsigma juga akan memperluas layanan cloud-nya untuk menyediakan lingkungan hybrid dan multi-cloud," jelas Eggy.

Ia menambahkan, "kemudian untuk AI Rudder, telah memanfaatkan infrastruktur dan solusi cloud miliki Alibaba Cloud yang dapat diskalakan untuk mengembangkan analitik digital dan platform AI untuk melakukan pengoptimalan yang digerakkan oleh kecerdasan dan analitik prediktif yang dapat meningkatkan kinerja dan keakuratan solusi Voice AI."

Sementara itu Raiz telah bermitra dengan Alibaba Cloud untuk membangun saluran pengembangan dan penerapan aplikasi dengan kelincahan, koordinasi, dan transparansi. Melalui solusi cloud Alibaba Cloud, Raiz telah memperluas kemampuannya untuk melayani semakin banyak pengguna dan transaksi harian dengan cara yang lebih tangguh dan aman.

Baca Juga: Wamenkumham Menolak Dikaitkan dengan YAR dan YAM, IPW Tunjukkan Bukti Chat Pamungkas: Ada Permintaan untuk Dimasukkan Sebagaiā€¦

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: