Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bagaimana Alibaba Cloud Melihat Potensi Pasar Cloud di Indonesia Saat Ini?

Bagaimana Alibaba Cloud Melihat Potensi Pasar Cloud di Indonesia Saat Ini? Kredit Foto: Alibaba Cloud
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong ekonomi digital Indonesia dan menuju target transformasi digital yang menyeluruh, adopsi teknologi cloud pun terus mengalami perluasan di berbagai sektor industri.

Terlepas dari ini, salah satu faktor utama yang mendukung perkembangan adopsi cloud yang begitu pesat adalah karena adanya dampak siginfikan yang diberikan, termasuk dalam segi efisiensi biasa dan efektivitas penggunaan teknologi.

Secara global, sebuah laporan dari Gartner memproyeksikan bahwa pada tahun 2025, 85% organisasi akan menganut prinsip cloud-first dan tidak akan dapat menjalankan strategi digital tanpa menggunakan arsitektur dan teknologi cloud-native.

Baca Juga: Kencangkan Inovasi, Alibaba Cloud Siap Dukung Bisnis Kecil

Sementara itu untuk pasar cloud di Indonesia, sebuah riset dari Boston Consulting Group mencatat pasar cloud Indonesia diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan rata-rata (CAGR) mencapai 25% atau tumbuh dari nilai US$0,2 miliar pada tahun 2018 menjadi US$0,8 miliar pada tahun 2023.

Namun meski memiliki potensi pasar yang cukup besar pada tahun 2023 ini, Eggy Tanuwijaya selaku Head of Solution Architect of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence dalam wawancara eksklusif di acara Alibaba Cloud Developer Summit 2023 menyampaikan bahwa pasar cloud di Indonesia masih tetap akan menemui tantangannya. Selaras dengan tantangan yang ada, tetap masih ada banyak potensi dan kesempatan, di mana hal-hal ini tentu selalu terikat dengan pasar yang ada.

"Tantangannya akan selalu ada, tapi yang terpenting adalah bagaimana kita menghadapi tantangan tersebut. Untuk itu, kam akan kembali ke dasar lagi, di mana kami akan merangkul ekosistem lokal dalam hal ini," tutur Eggy dalam acara pada Selasa (10/1/2023).

Memperlihatkan ekosistem pasar secara luas, Eggy mengatakan, "ketika berbicara tentang developer, kita secara tidak langsung juga berbicara tentang pasar yang ada".

Dalam mewujudkan misi pengembangan developer untuk mendukung pasar secara luas, Eggy juga menjelaskan terkait dengan upaya Alibaba Cloud dalam memperkuat ekosistem lokalnya untuk mendorong transformasi dan adopsi digital di Indonesia, salah satunya adalah dengan melakukan program kemitraan bersama dengan berbagai pihak, termasuk dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta berbagai universitas yang ada di Indonesia dan juga komunitas developer yang ada.

Baca Juga: Wamenkumham Menolak Dikaitkan dengan YAR dan YAM, IPW Tunjukkan Bukti Chat Pamungkas: Ada Permintaan untuk Dimasukkan Sebagai…

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: