Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lima Ruas Tol Trans-Sumatera Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Lima Ruas Tol Trans-Sumatera Ditargetkan Rampung Tahun Ini Kredit Foto: Hutama Karya
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Hutama Karya menargetkan lima ruas jalan tol Trans-Sumatera (JTTS) rampung pada tahun ini yakni Tol Simpang Indralaya-Muara Enim, Indrapura - Kisaran, Binjai–Langsa, Sigli-Banda Aceh dan Tol Pekanbaru–Padang.

“Keseluruhan ruas tersebut progres pembangunannya sudah cukup signifikan yakni rata-rata diatas 50%,” ujar Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, kemarin. Ia memaparkan pembangunan tol Simpang Indralaya - Muara Enim (seksi Simpang Indralaya - Prabumulih) sepanjang 65 km sudah mencapai 89%.

Baca Juga: 1,2 Juta Kendaraan Lintasi JTTS, Hutama Karya Tambah Gardu Tol

Selanjutnya Indrapura - Kisaran (seksi 1 dan 2) sepanjang 47 km sudah mencapai 78%, Binjai-Langsa (seksi Binjai-Pangkalan Brandan) sepanjang 58 km sudah mencapai 58%, Sigli-Banda Aceh (seksi 1,5,6) sepanjang 38 km sudah mencapai 81% dan Pekanbaru-Padang (seksi Bangkinang-Pangkalan) dengan panjang 24,7 km sudah mencapai 73%.

“Kehadiran JTTS merupakan vehicle bagi pertumbuhan perekonomian makro dan mikro di Sumatera. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah untuk mendukung pertumbuhan perekonomian yang merata. Strategi Hutama Karya dalam percepatan penyelesaian ruas ini dengan penggunaan teknologi dan digitalisasi konstruksi guna tepat mutu dan waktu,” tambah dia.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun JTTS sepanjang ±1.064 km dengan 465 km ruas tol konstruksi dan 599 km ruas tol operasi. Adapun ruas yang telah beroperasi secara penuh diantaranya yakni tol Bakauheni–Terbanggi Besar (141 km), tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang – Kayu Agung (189 km), tol Palembang – Indralaya (22 km) dan tol Medan Binjai (17 km).

Berikutnya tol Pekanbaru–Dumai (132 km), tol Sigli Banda Aceh Seksi 2, 3 dan 4 (37 km) serta tol Binjai–Langsa Seksi 1 (12 km), tol Bengkulu -Taba Penanjung (18 km) dan tol Bangkinang - Pangkalan (31 km).

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: