Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Repeat Order?

Apa Itu Repeat Order? Kredit Foto: Unsplash/Artem Beliaikin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Repeat order adalah pesanan yang dilakukan kembali oleh pelanggan untuk produk atau layanan yang telah mereka pesan sebelumnya. Repeat order menjadi kegiatan pembelian ulang oleh salah satu konsumen pada suatu penyedia barang atau jasa berdasarkan kepuasan terhadap barang yang dibeli atau jasa yang diberikan oleh penyedia tersebut.

Aktivitas repeat order tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Banyak hal yang melatarbelakangi hal yang dilakukan oleh konsumen. Repeat order tidak hanya menguntungkan konsumen tetapi juga menguntungkan produsen atau penyedia barang dan jasa.

Repeat order juga berkaitan dengan keuntungan, sehingga pemilik usaha akan melakukan berbagai strategi agar konsumen atau pembeli, baik yang sudah melakukan pembelian maupun yang belum, dapat melakukan repeat order suatu saat nanti.

Baca Juga: Apa Itu B2B Partnership?

Dari segi bisnis, repeat order sangat menguntungkan. Pembelian kembali secara langsung memberikan keuntungan finansial bagi pelaku bisnis. Keuntungan ini akan membantu bisnis bertahan lebih lama, membantu mengembalikan modal, dan menutup biaya operasional.

Pelanggan yang repeat order secara tidak langsung membantu pengusaha untuk memutar modal lebih cepat dan mendatangkan keuntungan lebih cepat pula. Biasanya, pembeli yang melakukan repeat order akan ikut mempromosikan produk Anda sehingga membantu meraih pasar yang lebih luas.

Mereka juga akan membantu memperpanjang umur bisnis sehingga ancaman kebangkrutan bisa berkurang.

Pembeli yang melakukan repeat order tentunya memiliki alasan mengapa ingin melakukan pembelian ulang di tempat yang sama. Ini bisa menjadi parameter layanan atau produk sehingga bisa dijadikan tolok ukur untuk meningkatkan bisnis.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan repeat order dari pelanggan, langkah awal yang harus dilakukan adalah meningkatkan pelayanan kepada konsumen dan memberikan produk yang terbaik bagi konsumen, baik yang sudah memesan maupun calon pelanggan potensial.

Promosi dapat menjadi alasan yang kuat bagi pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Jenis promosi yang bisa diberikan antara lain diskon, bonus pembelian, dan lain sebagainya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: