Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Membangun Loyalitas Karyawan di Bisnis Kuliner Biar Karyawan Betah!

Cara Membangun Loyalitas Karyawan di Bisnis Kuliner Biar Karyawan Betah! Kredit Foto: Instagram/Joongla
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bisnis kuliner adalah salah satu industri yang sering sekali keluar-masuk karyawan. Itulah mengapa sulit membangun loyalitas karyawan. Ketika bercita-cita ingin membangun perusahaan besar, tetapi di tengah jalan, karyawan banyak yang mundur. Waduh bagaiamana jadinya ya?

Berikut cara membangun loyalitas karyawan dari YouTube Foodizz Channel!

1. Berikan apresiasi dan penghargaan yang sesuai

Semua orang senang diapresiasi dan diberi penghargaan yang sesuai. Dengan memberikan apresiasi, karyawan akan merasa dihargai dengan kontribusi yang telah mereka berikan.

Caranya mudah sekali, puji di depan teman-temannya, katakan 'Good Job' saat pekerjaan selesai dengan baik.

Baca Juga: Cara Efektif Memilih Konsultan Menu di Bisnis Kuliner, Jangan Sampai Malah Bikin Boncos Ya!

2. Fasilitasi agar karirnya terus maju

Tugas seorang entrepreneur tak hanya soal memberikan gaji, tetapi juga memfasilitasi agar karirnya bisa terus maju dan berkembang lewat pelatihan dan pendidikan (diklat).

3. Lingkungan dan budaya kerja yang positif

Pastikan lingkungan kerja yang dibangun positif. Ini karena tak semua pekerja mundur dari pekerjaannya karena gaji, bisa jadi karena lingkungan dan budaya kerja yang tak nyaman.

Khususnya dengan memberikan kesejahteraan kepada karyawan dengan memenuhi kebutuhan mereka, seperti asuransi kesehatan dan keselamatan kerja.

4. Komunikasi yang transparan dan jujur

Budayakan komunikasi yang transparan dan jujur agar karyawan juga bisa mengomunikaiskan sesuatu dengan jujur. Ini akan memudahkan komunikasi dan koordinasi kerja yang cepat dan efisien.

5. Berikan kesempatan untuk terlibat dalam pengambilan keputusan

Karyawan akan sangat senang jika sewaktu-waktu mereka diberikan kesempatan untuk terlibat dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi pekerjaan mereka dan keputusan-keputusan penting di perusahaan. Ini akan membuat mereka merasa dihargai dan mereka akan merasa dibutuhkan.

6. Jenjang karir yang jelas

Pastikan pemilik bisnis bisa membuat jenjang karir yang jelas untuk karyawan. Sehingga peluang karyawan untuk berkarir akan semakin besar.

7. Tentukan Job Desk, KPI dan SOP yang jelas

Terkadang, karyawan tidak betah karena job deskripsi yang mereka kerjakan tidak jelas. Bahkan jika perusahaan tidak punya SOP sehingga mereka tidak tahu batasan yang benar dan salah.

8. Berikan kompensasi yang adil

Pastikan pemilik bisnis memberikan kompensasi yang adil untuk karyawan sesuai dengan kontribusi yang mereka berikan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: