Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OPITO Percayakan Pengembangan Kompetensi Pekerja Migas di Indonesia kepada PETROTEKNO

OPITO Percayakan Pengembangan Kompetensi Pekerja Migas di Indonesia kepada PETROTEKNO Kredit Foto: PETROTEKNO
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Bisnis, Perdagangan dan Pariwisata Skotlandia, Ivan McKee, mengatakan, maksud dan tujuan kunjungan dirinya ke Indonesia adalah guna meningkatkan kerja sama antara Skotlandia dengan Indonesia, di mana salah satunya adalah untuk pengembangan transisi energi.

Skotlandia merupakan negara yang sangat berkeinginan untuk mewujudkan net zero emission sebagai bagian dari transisi energi. Salah satu bentuk kerja sama antara Skotlandia dengan Indonesia dilakukan antara OPITO dari Skotlandia dengan PETROTEKNO dari Indonesia.

Baca Juga: Pertamina EP Adera Field Berhasil Tingkatkan Produksi Migas dari Dua Sumur

OPITO, sebagai Lembaga Standarisasi Internasional untuk Pelatihan Pengembangan Tenaga Kerja di bidang Migas dan Energy, berkolaborasi dengan PETROTEKNO sebagai salah satu perwujudan peningkatan hubungan bisnis antara Skotlandia dengan Indonesia.

"Indonesia dan Skotlandia memiliki target dan agenda bersama, yakni mencapai net zero emission. Selamat atas ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini. Saya berharap bisa menghasilkan kerja sama yang baik antara kedua belah pihak," kata Menteri Ivan saat menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara OPITO dengan PETROTEKNO dalam memberikan pelatihan bersertifikasi OPITO untuk pelatihan-pelatihan bertemakan Transisi Energi, pada Selasa (15/02/2023), di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan yang sama, PETROTEKNO juga mendapatkan approval sebagai Lembaga Pelatihan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dapat memberikan pelatihan vokasi bersertifikasi OPITO untuk teknis Process Operator, Teknisi Mekanik, Teknisi Elektrik dan Teknisi Instrumentasi. Adapun sertifikasi yang diberikan melalui pelatihan tersebut adalah setara dengan National Vocational Qualification (NVQ) dari UK dan Scottish Vocational Qualification (SVQ) dari Skotlandia.

"Petrotekno sudah memiliki approval sesuai standar dari OPITO. Hari ini kita merayakan cerita baru dari sebuah kesuksesan Petrotekno menjadi FIRST OPITO APPROVED VOCATIONAL QUALIFICATION Center di Indonesia. Ini merupakan dukungan OPITO terhadap industry Migas dan Energy di Indonesia," ucap Regional QA Manager-Asia Opito, Jeevinder Singh, saat memberikan sambutannya.

"Hubungan OPITO dan PETROTEKNO adalah OPITO sebagai badan Akreditasi Internasional dan PETROTEKNO sebagai Lembaga Pelatihan yang terakreditasi oleh OPITO. Pada kesempatan ini, OPITO juga memercayakan lebih lanjut kepada PETROTEKNO untuk pengembangan sumber daya manusia di bidang energi terbarukan," ucap Direktur Petrotekno, Hendra Pribadi. kepada wartawan di sela-sela acara signing promotion and accreditation of Opito Energy Transition Qualifications by Petrotekno in Indonesia, Selasa (14/02/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: