Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perusahaan Lokal Percepat Adopsi Teknologi Digital di Tengah Tech Winter

Perusahaan Lokal Percepat Adopsi Teknologi Digital di Tengah Tech Winter Kredit Foto: Unsplash/Sincerely Media
Warta Ekonomi, Jakarta -

Laporan terbaru Q4 2022 Global Workplace Learning Skills Index Udemy mencatat bahwa keterampilan teknologi mengalami peningkatan yang signifikan.

Peningkatan juga termasuk lima keterampilan digital populer yang paling banyak dipelajari karyawan di Indonesia, seperti Software Testing meningkat 148% YoY, Java meningkat 100% YoY, Git meningkat 67% YoY, dan Spring Boot meningkat 53% YoY.

"Perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai memaksimalkan saluran digital seperti situs web dan aplikasi (mobile app) untuk membangun visibilitas brand, meningkatkan pendapatan bisnis, dan juga berinteraksi dengan pelanggan. Melihat bahwa keterampilan teknologi mendominasi lima keterampilan terpopuler di Indonesia, ini jelas menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia berada di jalur yang tepat untuk mengakselerasi digitalisasi," tutur Head of Indonesia Market di Udemy Giri Suhardi seperti dikutip dari pernyataannya pada Selasa (28/2/2023).

Baca Juga: EY Catat 10 Peluang Terbaik bagi Perusahaan Teknologi di 2023, Apa Saja?

Karena semakin banyak perusahaan yang mengandalkan teknologi untuk mendorong bisnis mereka, permintaan terhadap tenaga profesional yang terampil dalam mengembangkan, menguji, dan mengelola sistem perangkat lunak (software) terus meningkat. Peningkatan permintaan akan pekerja profesional dalam bidang teknologi ini selaras dengan lima keterampilan populer yang dipelajari di Udemy Indonesia.

Berdasarkan CEO Survey tahunan PwC ke-24, 46% CEO di Indonesia berencana untuk meningkatkan investasi jangka panjang dalam transformasi digital. Survey tersebut juga menemukan bahwa banyak CEO di Indonesia memprioritaskan tenaga kerja yang terampil, terdidik, dan mudah beradaptasi agar dapat mengimplementasikan inisiatif transformasi digital dengan sukses.

Adapun laporan yang sama dari Udemy menyoroti bahwa topik power skill (soft skill) menjadi yang paling populer. Meski keterampilan teknis snagat penting untuk mencapai kesuksesan di tempat kerja, rupanya power skill memiliki peran yang sama.

Laporan Udemy mengungkapkan bahwa keterampilan presentasi (mengalami peningkatan 105%) merupakan satu-satunya soft skill yang termasuk dalam lima keterampilan terpopuler pada Q4 2022 bersama dengan empat topik teknis lainnya. Keterampilan ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk karyawan di bidang bisnis atau marketing, tapi juga untuk karyawan di bidang teknis seperti teknologi, product management, dan lainnya.

Laporan Udemy Workplace Learning Skill Index yang mengidentifikasi keahlian paling dibutuhkan berdasarkan data pengguna yang memanfaatkan solusi pelatihan perusahaan Udemy Business juga mengungkapkan bahwa keahlian digital menurut pandangan para pemimpin perusahaan dan karyawan merupakan keahlian yang harus dimiliki untuk mempercepat dan menjaga keunggulan kompetitif.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: