Luncurkan Tujuh Layanan Cepat, Hadi Tjahjanto: 79% Layanan ATR/BPN Kini Bisa Online
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahyanto meluncurkan tujuh layanan dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian ATR/BPN yang digelar di Hotel Shangri-La, Selasa (7/3/2023).
Menteri Hadi mengatakan, Rakernas ATR/BPN tahun ini membahas peningkatan investasi melalui transformasi digital dan kepastian ukum di bidang tata ruang dan pertanahan. Didampingi Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN, Raja Juli Antoni, diresmikan tujuh layanan kantor yang memberikan dampak signifikan terhadap performa kerja Kementerian yang dinamai JULAPAT (Tujuh Layanan Cepat).
Baca Juga: Konflik Sejak 1947, Wamen ATR/BPN Tinjau Langsung Persiapan Sertifikasi Lahan Warga Wonorejo-Blora
"Tujuh Layanan ini adalah 79% dari total layanan di Kantor ATR/BPN," katanya.
Menurutnya, tujuh layanan tersebut diluncurkan untuk dinasionalisasi ke seluruh Kantor ATR/BPN yang pelaksanaanya tidak memerlukan kegiatan lapangan, dan dapat diterapkan secara elektronik.
"Layanan ini juga tidak memerlukan analisa mendalam dan tidak melibatkan pihak eksternal," lanjut Hadi.
Menteri Hadi menegaskan, tujuh layanan tersebut adalah Pengecekan Sertipikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), Roya Manual dan Roya Elektronik, Hak Tanggungan, Peralihan (kecuali warisan), Pendaftaran Surat Keputusan, dan Perubahan HGB menjadi Hak Milik.
"Diharapkan dengan diluncurkannya layanan ini dapat mempermudah dan mempercepat layanan sehingga masyarakat dapat merasakan kemudahan layanan," tegasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Advertisement