Strategi Manfaatkan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan Selama Ramadan
Untuk menjaga agar bisnis tetap dapat berjalan lancar menjelang bulan Ramadan, para pelaku usaha perlu terus terhubung dengan para pelanggannya.
WhatsApp dapat menjadi sarana bagi bisnis untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara aman, andal, dan personal, terutama karena masyarakat Indonesia juga lebih menyenangi mengirimkan pesan melalui WhatsApp dibandingkan dengan email.
Adapun Lima Strategi WhatsApp untuk Meningkatkan Penjualan dan Memastikan Bisnis Berjalan Lancar antara lain:
Baca Juga: UMKM Wajib Catat! Tips Binis Online & Ide Jualan Ramadan ala Tokopedia
1. Membangun pengalaman perpesanan yang menyenangkan bagi pelanggan
"Bagi pelaku bisnis kecil di Indonesia, WhatsApp telah menjadi bagian penting dari aktivitas mereka sehari-hari. Mereka dapat menggunakan WhatsApp sebagai situs web dan konter toko virtual untuk menampilkan produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan mendorong tingkat penjualan," tulis WhatsApp dalam artikelnya seperti dikutip pada Kamis (9/3/2023).
Sebagai contoh, pelaku bisnis dapat memperbarui informasi jam kerja di profil bisnis pada aplikasi WhatsApp Business untuk memberitahukan bahwa bisnis tetap buka selama bulan Ramadan, terutama jika jam operasional berbeda dari biasanya, atau mengirimkan pesan untuk menyampaikan kepada pelanggan ketika sedang tidak bisa dihubungi atau sedang melaksanakan shalat.
2. Membuat pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis atau merek
Mengirim pesan yang dipersonalisasi menciptakan koneksi dan meningkatkan relevansi pesan, mengarahkan pengguna menggunakan tombol (balasan cepat, list, call to action), dan menggunakan pesan produk dengan keranjang dan pilihan produk adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh berbagai bisnis untuk menciptakan pengalaman interaktif yang meningkatkan keterikatan dan kualitas.
Jika Anda memiliki produk, penawaran, atau promosi khusus selama bulan Ramadan, ada baiknya menyorotnya di katalog agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka beli.
3. Menarik pelanggan baru
Untuk usaha kecil, menemukan pelanggan baru adalah hal yang sangat penting. Setelah Anda berhasil menawarkan pengalaman yang berharga kepada pelanggan Anda, penting untuk mengarahkan lebih banyak orang untuk mengunjungi kanal WhatsApp Anda.
Tambahkan kode QR ke etalase, situs web, kemasan produk, dna materi pemasaran Anda agar dapat dengan mudah dipindai dan ditautkan ke WhatsApp. Kode QR dapat ditemukan melalui pilihan Alat Bisnis --> Pintasan. Anda juga dapat dengan mudah berbagi kode QR dengan orang lain melalui aplikasi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait:
Advertisement