Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Kerajinan dengan Silver Play Button Ini Percayakan LinkUMKM BRI Sebagai Sarana Promosi

UMKM Kerajinan dengan Silver Play Button Ini Percayakan LinkUMKM BRI Sebagai Sarana Promosi Kredit Foto: BRI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berawal dari kecintaannya dalam menjahit, Sundari (38) kini berhasil mendirikan bisnis di bidang kerajinan dan bahkan mendapatkan Silver Play Button dari Youtube. Kegemarannya tersebut, tidak disangka menghasilkan cuan dan membuat nama bisnisnya semakin dikenal hingga ke Indonesia Timur.  

Ia telah berkecimpung dalam bisnis kerajinan ini sejak tahun 2015 lalu dengan mengusung nama Zigmarie Homeset. Namun, seiring berjalannya waktu, bisnis ini kian meningkat dan semakin berkembang hingga Sundari mengganti nama brand-nya tersebut menjadi Zigmarie Homeset and Fashion.

Berkat kepiawaian tangannya, salah satu binaan LinkUMKM ini mampu mengubah limbah perca yang sudah tidak digunakan menjadi produk dekorasi kebutuhan rumah tangga dan busana dengan tampilan yang artisitik serta kekinian. 

“Untuk kerajinannya lebih sering menggunakan limbah perca. Limbah perca adalah kain-kain sisa yang tidak terpakai dari sisa potongan baju, sprei, dan lain-lain. Alasan memilih bidang ini karena lebih menarik, perca juga jarang dijual di e-commerce. Kalau saya jual di pasar atau pameran ini banyak yang suka.” ungkap Sundari.

Baca Juga: Sisa Dividen BRI Masih Rp34,89 Triliun, Intip Jadwal Lengkap Pembagiannya!

Saat awal menekuni bisnis menjahit berbagai macam dekorasi rumah, ia berfikir untuk memulai membagikan ilmu menjahitnya sedikit demi sedikit melalui akun Youtube miliknya. 

Lewat konten video dengan channel Youtube Zigmarie Tutorial Homeset, Sundari membuat konten edukasi tentang bagaimana cara menjahit produk-produk yang Ia jual. Hingga saat ini, channel Youtube milik Sundari telah memiliki 125.000 subscribers hingga berhasil menarik banyak penonton dengan salah satu viewers tertinggi sebanyak 804.000 pada konten yang bertajuk “Masker 2 Lapis dari Perca Gampang Banget”. 

Dari konten edukasi melalui platform Youtube ini, Sundari berhasil mendapatkan tambahan penghasilan hingga Rp43 juta dalam sebulan dan juga berhasil mendapatkan apresiasi dari Youtube berupa penghargaan Silver Play Button. 

Namun sayang, saat Sundari memiliki channel Youtube ini, Ia pun mulai kehilangan pelanggannya. Hal ini diakibatkan, banyak pelanggan yang mulai beralih menjahit sendiri setelah melihat konten edukasi dari Sundari. 

“Alhasil pendapatan saya hanya dari YouTube waktu itu. Lalu, di 2019 saya mulai mencari invoasi baru dari limbah perca dan sampai sekarang saya membagikan ilmu melalui workshop dan kursus menjahit,” jelasnya.

Menurutnya, dengan mengadakan workshop dan kursus tersbut bisa menjadi salah satu alternatif dimana ia akan tetap bisa membagikan ilmu tanpa perlu khawatir kehilangan customer. 

Saat ini, kain perca menjadi salah satu ikon unggulan yang ada di setiap produk keluaran Zigmarie Homeset and Fashion. Bahkan, kain perca sendiri dipilih karena dinilai memiliki nilai jual yang tinggi. 

Baca Juga: Semua Elit Politik Memantau, Titah Megawati Diyakini Bakal Obrak-abrik Koalisi Jelang Pilpres 2024

“Perca ini ternyata peminatnya banyak, saya juga lebih sering beralih ke jual ilmu melalui workshop atau kelas menjahit di hari Minggu. Untuk edukasi membuat sesuatu, terutama kerajinan dari limbah perca,” beber Sundari.

Nampaknya, perca dapat menjadi nilai tambah melihat dari berbagai macam model atau bentuknya yang beragam dan terbatas. Ditambah, kemampuan Sundari mengkombinasikan warna dan motif beraneka jenis sehingga menghasilkan tema dan nuansa yang berbeda dari jenis produk kerajinan lainnya.

Baca Juga: Bank Muamalat Gandeng Pinhome Tingkatkan Portofolio KPR 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: