Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Sukses Melakukan Promosi Bisnis Kuliner, Bukan Sekadar Diskon!

Cara Sukses Melakukan Promosi Bisnis Kuliner, Bukan Sekadar Diskon! Kredit Foto: Ferry Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Melakukan promosi adalah berarti mengomunikasikan daya jual dan daya tarik dari brand bisnis kuliner. Jadi, melakukan promosi bukan sekadar diskon atau potongan harga, tetapi mengomunikasikan keunggulan dari brand kita. Sehingga kelak customer akan tetap membeli brand kita tanpa adanya promosi.

Sebelum melakukan promosi, kamu harus tahu dulu bahwa konsumen hanya akan membeli dengan apa yang mereka lihat dan dengar. Terlebih di era sosial media seperti sekarang, kompetitor juga memperebutkan hal yang sama seperti kita.

Konsumen juga mendapatkan informasi kuliner yang dibeli dari media online, dan mereka membeli saat sudah sering melihat atau mendengar brand kita.

Baca Juga: Cara Menjaga Bahan Baku di Bisnis Kuliner Agar Awet dan Profit Meroket

Itulah mengapa kita harus memiliki kalender promosi atau marketing kalender. Ini karena promosi tidak bisa dilakukan sesekali, tetapi harus sering dan terjadwal. Terlebih di media online, di mana di sanalah tempat generasi milenial atau Gen Z berada. Jadi, maksimalkan penggunaan sosial media, seperti menggunakan sosial media pribadi, mengembankan sosmed brand dan bekerja sama dengan Key Opinion Leader (KOL).

Oleh karena itu, mengutip YouTube Foodizz Channel, ini lho rahasia di balik kesuksesan promosi!

1. Punya 'WOW Factor'

Brand kita harus memiliki 'WOW Factor' agar target market melirik dan aware terhadap brand kita sehingga mereka tertarik dan ingin mencoba produk kita.

2. Proses Produksi

Kita juga bisa membagikan bagaimana proses produksi kita, misalnya higienis dan halal sehingga konsumen tenang saat ingin membeli produk kita karena mereka tahu proses pembuatannya sudah dilakukan dengan cara yang baik.

3. Promosi Tempat

Jika bisnis kita berkonsep tempat nongkrong, beri tahu ke konsumen bahwa tempat kita nyaman, bersih, banyak colokan, instagramable, dan lain sebagainya.

4. Kembangkan brand sesuai target market

Kembangkan brand sesuai target market sehingga akan mudah disukai mereka. Mulai dari produk, desain, daya tarik, dan pastinya memenuhi kebutuhan mereka.

Nah, semoga bermanfaat ya!

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: