Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bertolak ke Gorontalo, Fadel Muhammad Sebut Lebaran Ketupat Adalah Tradisi Baik

Bertolak ke Gorontalo, Fadel Muhammad Sebut Lebaran Ketupat Adalah Tradisi Baik Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengapresiasi semangat masyarakat untuk melaksanakan silaturahmi. Semangat yang tinggi dalam menjalin silaturahmi, menurut Fadel, bisa berdampak positif  pada keamanan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Karena makin sering melakukan silaturahmi, potensi pertengkaran dan kerusuhan bisa terus ditekan.

"Silaturahmi pada Lebaran ketupat harus terus ditumbuhsuburkan, bukan hanya pada Hari Raya Idulfitri, melainkan juga pada bulan-bulan selanjutnya. Kalau itu dilakukan, akan memacu kerukunan masyarakat yang makin baik, mengurangi gesekan akibat hal-hal yang tidak penting," kata Fadel Muhammad dalam keterangannya, Minggu (30/4/2023).

Baca Juga: Enggak Masalah Jagoin Ganjar Pranowo Hingga Anies Baswedan, Wejangan Fadel Muhammad: Jaga Persatuan!

Pernyataan itu disampaikan Fadel pada acara doa ketupat di Masjid Al Muttaqin Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu (29/4/2023). Ikut hadir pada acara tersebut Wakil bupati Gorontalo Hendra S. Hemeto, ST, M.Si, beserta tokoh masyarakat dan sejumlah jemaah.

Pada kesempatan itu, Fadel juga menyampaikan apresiasinya terhadap upaya pelaksanaan Lebaran ketupat. Apalagi, selama pandemi, kegiatan tersebut terpaksa dihentikan, sesuai arahan pemerintah. Akan tetapi, tahun ini acara tersebut kembali digelar sebagaimana sebelum pandemi berlangsung.

"Ini adalah tradisi baik yang sudah berlangsung selama ratusan tahun dan harus dilestarikan. Mudah-mudahan kita bisa selalu menjaga dan merawatnya, dan di tahun-tahun yang akan datang pelaksanaannya akan makin baik," kata Fadel.

Doa Ketupat adalah doa bersama yang dipanjatkan anggota masyarakat bersama para ulama dan tokoh masyarakat. Melalui doa bersama, masyarakat meminta kepada Allah SWT untuk memberikan kelancaran, keselamatan, dan keamanan, khususnya keselamatan dan keamanan Lebaran ketupat tahun 1444 H. Pada acara tersebut, Wakil Ketua MPR itu melakukan pemukulan bedug sebagai penanda dimulainya prosesi Lebaran ketupat tahun 2023.

Selain prosesi doa ketupat, mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu juga menyaksikan lomba pacuan kuda dan sapi. Acara tersebut digelar di Lapangan Golf dan Pacuan kuda Yosonegoro Kecamatan Limboto barat, Kabupaten Gorontalo. Lomba pacuan kuda dan sapi merupakan salah satu acara di Lebaran ketupat yang paling populer, di antara kegiatan lain yang digelar oleh masyarakat. Selain lomba pacuan kuda dan sapi, masyarakat juga menggelar acara-acara lain di berbagai tempat di seluruh wilayah Gorontalo.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: