Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fadel Muhammad Tekankan Pentingnya Keberlanjutan Pembangunan Gorontalo

Fadel Muhammad Tekankan Pentingnya Keberlanjutan Pembangunan Gorontalo Kredit Foto: MPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menggelar silaturahmi dengan masyarakat Desa Luwoo, Kecamatan Telaga Jaya, Gorontalo, Jumat (20/10/2023).

Dalam silturahmi itu, Fadel menekankan tentang pentingnya keberlanjutan pembangunan untuk peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo.

"Kita terus membangun Gorontalo demi kesejahteraan masyarakat Gorontalo," kata Fadel dalam silaturahmi yang digelar usai shalat Jumat di Masjid Baitur Ridla, Desa Luwoo, Kecamatan Telaga Jaya.

Di depan warga masyarakat Telaga Jaya, Fadel menyebut sejumlah perkembangan pembangunan di Gorontalo. Selama beberapa hari belakangan ini, mantan Gubernur Gorontalo dua periode itu mengunjungi beberapa daerah, seperti Boalemo dan Pohuwato.

Di Kabupaten Boalemo, Fadel menggelar demonstrasi plot (demplot) jagung hibrida di lahan percontohan di Kecamatan Wonosari. "Bibit jagung yang ditanam adalah bibit super dan tahan cuaca panas," ujarnya.

Sedangkan di Kabupaten Pohuwato, Fadel Muhammad menyebutkan kabupaten itu bisa menjadi lumbung pangan.

"Kita ingin Kabupaten Pohuwato tidak saja menjadi lumbung pangan di Gorontalo, tetapi juga menjadi pusat lumbung pangan nasional," tuturnya.

Sebagai catatan dua kecamatan di Kabupaten Pohuwato, yaitu Marisa dan Randangan sangat potensial menjadi lumbung pangan karena memiliki kawasan pertanian basah, pertanian kering, dan potensi perikanan baik perikanan laut dan payau, maupun perikanan air tawar, serta kawasan perkembangan peternakan.

Selain itu, lanjut Fadel Muhammad, di Kabupaten Pohuwato juga ada potensi pertambangan emas yang sangat besar. Jika sudah beroperasi, penambangan emas itu berpotensi menghasilkan sekitar Rp 12 triliun setahun.

Sebesar 35 persen menjadi pemasukan negara. Pohuwato sendiri diperkirakan bisa mendapatkan dana dari hasil penambangan emas itu sekitar Rp 2,7 triliun.

"Dana hasil tambang itu akan mengalir ke Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengalir ke Bualemo. Penambangan emas itu merupakan aset yang besar," terangnya.

Fadel berharap pembangunan yang dirintis selama dua periode menjadi Gubernur Gorontalo tetap dilanjutkan para penerus kepemimpinan di Gorontalo

"Sedangkan saya tetap menjadi 'orangtua' atau 'bapak' dari Gorontalo. Kita terus membangun Gorontalo demi kesejahteraan masyarakat Gorontalo," ujarnya.

Dalam silaturahmi itu Fadel Muhammad didampingi Sofyan Puhi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo. Ketika Fadel Muhammad menjadi Gubernur Gorontalo, Sofyan Puhi adalah Wakil Gubernur Gorontalo (2005-2009).

Selesai bersilaturahmi, Fadel Muhammad berziarah ke makam Abdul Djabar Bahua yang terletak di belakang masjid Baitur Ridlo Luwoo, Telaga Jaya.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: