Kredit Foto: Ferry Hidayat
Target market adalah segmentasi pasar yang diputuskan pebisnis ketika hendak menjual produknya. Ibaratnya, sebuah produk A akan terjual ke siapa? Sehingga, pemilihan target market tak bisa sembarangan dan harus dipertimbangkan dengan matang.
Jadi, apa saja sih yang harus diperhatikan? Mengutip YouTube Foodizz Channel, berikut ulasannya!
1. Market size (besarnya pasar)
Jika kamu ingin membuka bisnis di sebuah lokasi, cek seberapa besar pasarnya paling tidak dalam radius 1-3km dari lokasi bisnis kamu.
Baca Juga: Cara Menggunakan Sistem Self Order untuk Bisnis Kuliner Gerobakan, Teknologi Akan Memudahkan Lho!
2. Market growth (pertumbuhan pasar)
Jika kamu berbisnis dengan suatu segmentasi target market, misalnya anak kuliah, kembali evaluasi apakah ada anak SMA disekitar lokasi sehingga pertumbuhan pasar pun terjadi. Atau bisa juga berapa banyak anak yang masuk kuliah dan lulus kuliah. Jika lebih banyak mahasiswa baru, daripada mahasiswa yang lulus, itu berarti potensi besar dalam pertumbuhan pasar.
3. Market competition (persaingan pasar)
Lihat siapa kompetitor kita di bisnis ini. Seberapa kuat mereka, siapa saja mereka, bagaimana strategi bisnisnya, apa kelebihan dan kekurangannya, konsep dan lain sebagainya. Ini perlu untuk kamu perhatikan ketika memilih target market.
4. Market opportunity (peluang pasar)
Selanjutnya, lihat peluang yang sekiranya bisa kita lakukan. Misalnya membuat cafe dengan konsep Women Empowering, jadi baristanya perempuan, khusus perempuan, dan lain sebagainya.
5. Competitve advantage (keunggulan yang dimiliki)
Setelah itu, buat keunggulan yang dimiliki bisnis. Misalnya membuat coffeeshop mewah dengan sofa nyaman untuk kalangan middle-up. Atau membuat coffeeshop dengan konsep yang dekat dengan komunitas.
Jadi, temukan target market yang tepat maka bisnis kamu agar bisnis stabil dan cuan mengalir.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait:
Advertisement