Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Target Market?

Apa Itu Target Market? Kredit Foto: Unspalash/Melanie Deziel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Target market adalah kelompok orang tertentu yang paling mungkin membeli produk atau layanan Anda. Mereka adalah orang-orang yang harus Anda fokuskan untuk menarik perhatian agar mereka kembali lagi, merekomendasikan Anda kepada teman mereka, dan memuji Anda di media sosial.

Mengidentifikasi target market adalah bagian penting dari proses pengambilan keputusan saat perusahaan merancang, mengemas, dan mengiklankan produknya.

Bagian dari menciptakan produk baru adalah membayangkan konsumen yang menginginkannya.

Baca Juga: Apa Itu Ghost Shopping?

Produk baru harus memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah, atau keduanya. Kebutuhan atau masalah itu mungkin tidak universal kecuali jika mencapai tingkat pemipaan dalam ruangan. Kemungkinan besar, itu dibutuhkan oleh sekelompok konsumen, seperti vegetarian yang sadar lingkungan, atau kutu buku sains, atau penggemar alam luar. Ini mungkin menarik bagi remaja atau profesional paruh baya, pemburu barang murah atau sombong.

Membayangkan kemungkinan target pasar Anda adalah bagian dari proses pembuatan dan penyempurnaan produk, dan menginformasikan keputusan tentang pengemasan, pemasaran, dan penempatannya.

Profesional pemasaran membagi konsumen menjadi empat segmen utama:

1. Demografis

Demografis adalah karakteristik utama yang menentukan target pasar Anda. Setiap orang dapat diidentifikasi sebagai milik kelompok usia tertentu, tingkat pendapatan, jenis kelamin, pekerjaan, dan tingkat pendidikan.

2. Geografis

Segmen ini semakin relevan di era globalisasi. Preferensi daerah perlu diperhitungkan.

3. Psikografis

Segmen ini melampaui dasar-dasar demografi untuk mempertimbangkan gaya hidup, sikap, minat, dan nilai.

4. Perilaku

Ini adalah satu segmen yang bergantung pada penelitian tentang keputusan pelanggan perusahaan saat ini. Produk baru dapat diperkenalkan berdasarkan penelitian terhadap daya tarik produk masa lalu yang telah terbukti.

Meneliti beberapa target pasar tidak harus rumit jika Anda baru memulai, tetapi ada baiknya memiliki target pasar minimum yang layak, paling tidak, Anda perlu mengetahui tentang pelanggan ideal Anda sebelum terjun.

Keindahan dari target market adalah bahwa mengarahkan upaya pemasaran Anda pada kelompok konsumen tertentu membuat promosi, penetapan harga, dan distribusi produk dan/atau layanan Anda lebih mudah dan hemat biaya, dan memberikan fokus pada semua aktivitas pemasaran Anda.

Baca Juga: Lampau Kinerja Pra Pandemi, Penyaluran KPR BCA Capai Rp 108,3 Triliun pada 2022

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua