Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mitra Bukalapak Masih Sokong Pendapatan Bukalapak, Ini Kinerjanya di Kuartal I-2023

Mitra Bukalapak Masih Sokong Pendapatan Bukalapak, Ini Kinerjanya di Kuartal I-2023 Kredit Foto: Nadia Khadijah Putri
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bukalapak.com Tbk atau Bukalapak (BUKA) mencatatkan pendapatan pada kuartal pertama tahun 2023 tumbuh sebesar 28% year on year (YoY) menjadi Rp1 triliun YoY. Sementara pendapatan Mitra Bukalapak pada kuartal pertama tahun 2023 meningkat sebesar 9% YoY menjadi Rp515 miliar. 

Perusahaan ini terus menunjukkan pertumbuhan bisnis positif, salah satunya pertumbuhan Mitra Bukalapak yang didukung ekspansi varian produk, mulai dari produk fisik, virtual, dan layanan finansial.

Untuk Total Processing Value (TPV) produk fisik, pertumbuhannya meningkat sebesar 10% YoY, 8% produk virtual, dan layanan finansial dari kuartal yang sama tahun lalu.

Baca juga: Pendapatan Bukalapak Tumbuh 28% Jadi Rp1 Triliun pada Q1 2023

Perlu diketahui, pada akhir Maret 2023, jumlah Mitra Bukalapak yang terdaftar mencapai 16,8 juta, meningkat dari 16,1 juta pada akhir Desember 2022. 

Menurut Presiden Bukalapak, Teddy Oetomo dalam acara Halal Bi Halal Bukalapak dan Media di Kembang Goela Restaurant Jakarta pada Kamis (4/5/2023), hadirnya Mitra Bukalapak guna untuk menaikkan kelas traditional retailer seperti warung menjadi modern retailer.

Modern retailer yang dimaksud Teddy adalah retailer yang menyediakan layanan pembayaran listrik, penukaran uang, pengisian pulsa, hingga agen logistik, di samping menyediakan dan menjual produk-produk ritel fast moving consumer goods (FMCG). Bukalapak mengintegrasikannya dan Mitra Bukalapak merupakan setengah dari kontribusi tumbuhnya perusahaan tersebut. 

“46% bisnis kita, itu dari Mitra Bukalapak,” ujar Teddy di Halal Bi Halal Bukalapak dan Media ketika memaparkan presentasi laporan keuangan kuartal pertama.

Teddy menambahkan, Bukalapak dan Mitra Bukalapak tumbuh bersama. “Semoga Q3 ini masih bisa positif.”

Ketika memaparkan kinerja Mitra Bukalapak kuartal pertama, Vice President Mitra Operation dan Commerce Mitra Bukalapak, Becquini Akbar menyebutkan, “Mitra Bukalapak adalah platform business to business (B2B) yang menyediakan produk fisik, 42 produk virtual, dan finansial."

Mitra Bukalapak juga berkolaborasi dengan berbagai komunitas, salah satunya Komunitaas Juwara yang memberdayakan para pemilik warung melalui berbagai program pendidikan kewirausahaan dan edukasi. Komunitas warung, kios pulsa, dan individu ini terdaftar sebagai Mitra Bukalapak. 

Baca Juga: Mahendra Terjunkan Tim untuk Kaji Pola SMA/SMK Bali Mandara

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: