Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Simak! 5 Jurus ini Bisa Bikin Jualan Online Kamu Tetap Melejit Pasca Lebaran

Simak! 5 Jurus ini Bisa Bikin Jualan Online Kamu Tetap Melejit Pasca Lebaran Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah mengalami lonjakan pesanan yang signifikan di momen Ramadan dan Lebaran, pelaku usaha cenderung menghadapi tantangan untuk mempertahankan atau menaikkan penjualan di periode pasca Lebaran.

Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustina, mengatakan, Pasca Lebaran bisa dibilang menjadi babak baru bagi para pelaku usaha. "Ini merupakan momen bagi pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, untuk memaksimalkan strategi penjualan agar dapat mempertahankan bahkan meningkatkan transaksi," ujarnya dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Jumat (5/5/2023). Baca Juga: Ini Dia! Aplikasi Jualan Online yang Praktis dalam Satu Genggaman

Nah, agar para pelaku usaha bisa terus menjaga eksistensi bisnis, Tokopedia melalui Maisyalina membagikan lima tips bisnis online untuk mendongkrak penjualan pasca Lebaran.

1. Lakukan evaluasi terhadap produk yang dijual

“Pasca Lebaran adalah saat yang cocok untuk melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang dijual. Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk di aplikasi Tokopedia Seller untuk memantau kinerja produk dan mencantumkan informasi yang dibutuhkan agar meningkatkan minat pembeli terhadap produk yang dijual,” jelas Maisyalina. 

2. Cari tahu produk terlaris di Tokopedia untuk pastikan minat pembeli

Mempelajari pasar dan minat pembeli di Tokopedia bisa membantu para pelaku usaha menghasilkan strategi baru untuk bisnisnya. “Pelaku usaha bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar secara mendalam, seperti produk terlaris dan kata kunci populer berdasarkan wilayah dan kategori,” kata Maisyalina.

Pada kuartal I 2023, di Tokopedia, Rumah Tangga, Elektronik, Makanan dan Minuman, Fesyen serta Kesehatan menjadi beberapa kategori terlaris. “Sesudah mendapatkan ide bisnis setelah lebaran, pelaku usaha bisa memanfaatkan fitur Rilisan Spesial untuk memberikan kesan eksklusif dan menarik minat pembeli pada produk atau koleksi yang akan diluncurkan,” tambah Maisyalina.

3. Perhatikan momentum dan buat promo menarik 

“Tokopedia saat ini sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia; potensi yang sangat besar untuk digarap oleh para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal. Strategi promosi yang tepat, diiringi dengan momentum yang pas, dapat membantu penjual di Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli dan memperkuat posisi di pasar,” jelas Maisyalina.

Pelaku usaha bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di Tokopedia, seperti Bebas Ongkir, Flash Sale Toko dan Diskon Toko. Pelaku usaha juga disarankan berpartisipasi dalam sejumlah kampanye rutin, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest (kategori Kecantikan, Fesyen dan Rumah Tangga), Tokopedia NYAM (kategori Makanan dan Minuman) agar toko dan produk lebih mudah ditemukan pembeli.

4. Percantik tampilan halaman toko dan produk untuk menarik lebih banyak pembeli

Tampilan toko yang menarik akan meningkatkan minat pembeli untuk menjelajah halaman toko lebih jauh. Selain itu, jangan lupa memperbarui foto produk agar lebih menarik dan pastikan foto tersebut tidak melanggar ketentuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) agar sekaligus meningkatkan kepercayaan pembeli pada toko. 

“Penjual bisa mempercantik tampilan halaman toko dengan fitur Dekorasi Toko di Tokopedia yang telah menyediakan template khusus dan sudah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan setiap kategori penjual. Misalnya, template untuk toko penjual makanan dan minuman akan berbeda dengan penjualan elektronik atau fesyen,” jelas Maisyalina. Baca Juga: Pendapatan Naik Signifikan, Tokopedia Perkuat GOTO di Jalur Percepatan Profitabilitas

5. Gunakan solusi pemasaran menyeluruh Tokopedia Marketing Solutions

Pelaku usaha dari berbagai skala bisa memanfaatkan beragam kanal promosi yang ditawarkan oleh Tokopedia Marketing Solutions. Salah satunya di halaman utama Tokopedia, yaitu menggunakan banner promosi di lokasi premium (‘Homepage Banner’) dan banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’).

Dengan Tokopedia Marketing Solutions, pelaku usaha juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’), menggunakan banner promosi yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘Tokopedia Display Network’), serta menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: