Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

1.000 Content Creator Siap Promosikan Pariwisata Jawa Barat

1.000 Content Creator Siap Promosikan Pariwisata Jawa Barat Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Pariwisata merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Jawa Barat (Jabar). Kebangkitan pariwisata membuktikan Jabar tetap eksis dan siap bangkit pascapandemi COVID-19. 

Guna menstimulus sektor pariwisata, Pemda Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar menginisiasi duta pariwisata atau Smiling West Java (SWJ) Ambassador, yang berisi kreator konten dan pegiat sosial media yang diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan dan kebangkitan pariwisata di Jabar. 

Baca Juga: Promosikan Pariwisata Jabar, 1.000 Warga Lokal Dilatih Jadi Kreator Konten

Tahun ini, sebanyak 1.000 kreator konten dari 27 kota/kabupaten se-Jabar dinyatakan lulus dan menyandang gelar SWJ Ambasaador. 

"Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi penguatan daya tarik wisata serta bagian dari upaya pencapaian target kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif Jawa Barat," kata Plh. Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dalam acara pembukaan Pelatihan Smiling West Java (SWJ) Ambassador 2023 di Teater Tertutup Dago Tea House, Kota Bandung, Senin (22/5/2023). 

"SWJ Ambasador didelegasikan untuk mempromosikan potensi wisata di Jabar. Provinsi Jawa Barat sangat indah dan seperti orang-orang bilang bahwa Jawa Barat diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum," tambahnya. 

Konsep SWJ Ambassador 2023 juga menjadi sangat menarik ketika muncul unsur pemberdayaan masyarakat, terutama dalam pengembangan ekonomi kreatif. Ini sejalan dengan semangat empowering local content creator.

Uu Ruzhanul pun ingin duta promosi pariwisata memiliki kecintaan kepada Jawa Barat karena hanya dengan mencintai dapat mempromosikan daerahnya setulus hati.

Ia menuturkan pula, SWJ Ambassador merupakan sebuah refleksi ketika orang melihat keindahan wisata suatu daerah terpancar dalam diri pribadi duta itu.

"Menjadi duta promosi pariwisata adalah sebuah kehormatan karena telah terpilih untuk berada pada garis depan sekaligus menjadi titik sentral pariwisata di Jawa Barat," ujarnya. 

Sebelum terjun ke lapangan, para duta promosi pariwisata akan diasah terlebih dahulu, tak hanya skill teknis dalam membuat konten, namun juga dilatih soft skills, yang menjadikan para duta pariwisata semakin paripurna dalam mengenalkan Jawa Barat kepada dunia. 

"SWJ Ambassador nantinya merupakan mitra pemerintah sebagai agent of change dalam pemajuan industri pariwisata di Jabar, juga menjadi bagian dari ekosistem Smiling West Java yang diharapkan dapat terus menginspirasi," tuturnya.

Wisata Religi 

Uu Ruzhanul juga berpesan, selain wisata jabal (pegunungan) dan bahari, ia juga mendorong para duta pariwisata turut mempromosikan wisata religi yang ada di Jabar. 

"Jawa Barat terdiri dari daratan dan lautan, potensi yang sangat luar biasa baik di wilayah utara maupun selatan. Begitu juga kita tidak menutup mata Jabar ada wisata religi yang banyak dikunjungi pendatang," tambah Uu. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Perbaikan Jalan di Jabar Terbagi 3 Tahap

Dengan demikian, ia meminta para SWJ Ambassador memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. 

"Bagi peserta ikuti ajang ini dengan baik dan ikhlas. Jadilah ambasador yang cinta Tanah Air dan Jawa Barat karena cinta terhadap negara sebagian dari iman," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: