Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

PTPN Group dan Pusat Intelijen TNI AD Jalin Kerja Sama Pengamanan dan Penyelamatan Aset Negara

PTPN Group dan Pusat Intelijen TNI AD Jalin Kerja Sama Pengamanan dan Penyelamatan Aset Negara Kredit Foto: PTPN Group
Warta Ekonomi, Jakarta -

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) memperkuat sinergi terkait pengamanan dan penyelamatan areal milik PTPN Group dengan Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (Pusintelad). 

Hal ini setelah Direktur Hubungan Kelembagaan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) M. Arifin Firdaus, menggelar pertemuan dengan Komandan Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (Danpusintelad), Brigjend Yudha Medy, di kantor Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (Pusintelad), Jakarta, pada Rabu (24/05/2023). 

M. Arifin Firdaus menyampaikan, bahwa PTPN III (Persero) merupakan induk perusahaan atau Holding dari PTPN I, II, IV sampai dengan XIV yang memiliki luas lahan kurang lebih 1,2 juta hektare (ha), dimana sekitar 81 ribu ha telah digarap/diokupasi oleh pihak eksternal. “Tahun 2023 dan 2024 akan menjadi salah satu fokus PTPN untuk melakukan penyelamatan areal yang terokupasi oleh pihak eksternal itu,” ujarnya. 

Baca Juga: Selaras Upaya Jokowi, PTPN Group Coba Akselerasi Dekarbonisasi di Industri Sawit

Dalam upaya optimalisasi aset negara tersebut, Arifin menyampaikan, pihaknya terus mengutamakan upaya persuasif dan humanis. Salah satunya dengan memberikan suguh hati atau tali asih dan kemitraan kepada para penggarap yang dengan sukarela mengembalikan lahan garapannya. 

“Namun, dalam pelaksanaan proses pengamanan guna menjaga kondusifitas, kami juga melakukan sinergi dengan pihak-pihak terkait, termasuk dengan pihak kepolisian dan TNI AD, khususnya dengan Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat,” ucap Arifin. 

Baca Juga: Sinergi BUMN Muda Perkebunan Ambil Peran untuk mensukseskan Transformasi PTPN Group

Komandan Pusintelad, Brigjend Yudha Medy, menyambut baik kunjungan Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN III (Persero) itu. Pihaknya mendukung rencana kerja sama antara PTPN III (Persero) dan TNI AD dalam pengamanan dan penyelamatan areal milik PTPN Group tersebut.

Yudha mengusulkan, agar kedua belah pihak segera melakukan focus group discussion (FGD) sebelum membuat perjanjian kerja sama antara PTPN III (Persero) dan TNI AD, sebagai payung hukum atas sinergi tersebut. “Tentunya kami juga akan memfasilitasi PTPN III (Persero) guna proses audiensi terlebih dahulu dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) sebelum melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama ini,” ujarnya. 

Sinergi antara Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) dan TNI AD, diharapkan akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, mendukung perekonomian nasional, serta penyelamatan aset-aset milik negara. 

Baca Juga: Loyalis Anies Geram Jokowi Ciptakan Musuh Bangsa Melalui Lanjutan Narasi Cawe-cawe

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: