Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Memperkenalkan Produk Baru untuk Bisnis Kuliner, Tak Melulu Harus Diskon, Ada 6 Strategi yang Bisa Kamu Coba!

Cara Memperkenalkan Produk Baru untuk Bisnis Kuliner, Tak Melulu Harus Diskon, Ada 6 Strategi yang Bisa Kamu Coba! Kredit Foto: Instagram/Ruang Santap Cafe and Gallery
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ada ragam cara untuk memperkenalkan produk baru di bisnis kuliner. Biasanya memang dengan menggunakan diskon, tetapi ternyada ada banyak cara yang bisa dicoba lho!

Namun, jangan sampai bisnis kita baru bisa berjalan hanya jika ada diskon. Ini berarti ada yang salah dalam strategi marketing kita. Diskon harus digunakan sebagai tambahan agar orang membeli lebih banyak dan lebih sering.

Jadi, mengutip kanal YouTube Foodizz berikut cara memperkenalkan produk baru tanpa diskon untuk bisnis kuliner!

Baca Juga: Cara Mengembangkan Bisnis Kuliner Lewat Event Offline, Perhatikan Hal Ini Jangan Sampai Kelewat!

1. Mengirimkan sample produk ke konsumen dan KOL

Kirimlkan sample produk ke potential customer yaitu target market. Jadi harus tahu dulu siapa target marketnya. Kamu juga bisa mengirim ke KOL yang tak melulu harus influencer, bisa ketua komunitas tertentu yang punya jaringan dan hubungan ke banyak orang. 

Ini adalah aktivitas dengan biaya yang paling rendah. Jadi produk kamu harus bagus dan memiliki diferensiasi atau WOW Factor sehingga mereka tertarik untuk memposting ke sosial media dan produk kamu menjadi viral.

2. Lomba makan

Buat event lomba makan dengan menu terbaru kita. Buatlah lomba makan seheboh mungkin dengan mengundang KOL bahkan media.

3. Melakukan reviw produk

Undang potential customer yang sesuai dengan target market untuk bersama melakukan review produk. Review tersebut bisa dimunculkan di sosial media bisnis kita sendiri hingga orang-orang yang melakukan review produk.

4. Aktivitas bersama komunitas

Misalnya target market kamu mahasiswa, nah di kalangan mahasiswa punya banyak komunitas yang bisa kamu datangi. Bahkan, komunitas mahasiswa dari yang di dalam hingga luar kampus ada ratusan yang bisa kamu datangi dan membuat aktivitas bersama. Di sini kamu bisa mengajak komunitas untuk review produk baru hingga lomba makan.

5. Membuat press release

Buat press release dan kirim ke media online atau offline untuk mengenalkan produk baru. Press release adalah sebuah tulisan artikel yang berupa liputan untuk menjabarkan produk baru kita secara lengkap dan gamblang. Sehingga, konsumen bisa tertarik untuk membelinya. Jadi, paling tidak, harus ada hal menarik dalam bisnis kamu dalam 2 bulan sekali.

6. Gathering

Undang customer/KOL/media untuk gabung dengan acara gathering kita. Di sini kamu bisa mengenalkan produk baru. Sehingga, buatlah acara gathering yang menarik sehingga bisa viral dan produk baru kamu diketahui banyak orang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: