Cara Mengembangkan Bisnis Kuliner Lewat Event Offline, Perhatikan Hal Ini Jangan Sampai Kelewat!
Wandi, owner Ruang Santap yang menjual makanan rumahan yang menjadi value dan keunikan rumah makan tersebut. Ruang Santap berdiri sejak tahun 2019. Dengan konsep aestetik, Ruang Santap tak hanya menjual makanan rumahan tetapi juga mengusung konsep cafe and gallery yang cantik.
Ini karena Wandi merupakan seorang dengan background arsitek desain. Ia pun membuat Ruang Santap Cafe and Gallery, tak hanya sebagai restoran tetapi juga sebagai showcase home decor produk yang ia buat. Kebetulan, Wandi juga merupakan seseorang yang hobi kulineran.
Selain itu, Wandi juga sering menemukan tempat makan yang makanannya enak, tetapi tempatnya kurang nyaman dan sebaliknya. Karena itulah ia membuat Ruang Santap yang makanannya enak dan tempatnya juga aestetik.
Baca Juga: Cara Membangun Loyal Customer di Bisnis Kuliner, Ada 8 Strategi yang Wajib Diterapkan!
Adapun strategi bisnis yang dilakukan Wandi adalah dengan memanfaatkan kekurangan yang dimiliki, yaitu tempatnya yang kurang strategis. Oleh karena itu, niche yang ia ambil adalah orang yang mencari home decor dan orang yang memang berniat untuk kulineran.
Kemudian, ia pun menggunakan KOL (Key Opinion Leader), menurut Wandi influencer ini sangat impactful. Di bulan pertama bekerja sama dengan influencer dengan niat untuk brand awareness, ternyata malah di luar ekspektasi yakni ramai pengunjung hingga melebihi seating area yang disediakan. Bahkan, kejadian itu menarik banyak Content Creator untuk membuat konten hingga viral.
Lebih lanjut, Wandi juga senantiasa mengganti suasana home decor setiap kali produk lama berhasil terjual sehingga ia bisa showcase produk baru hingga muncullah suasana baru yang asyik. Lalu, ia juga setiap bulan mengganti menu untuk menjaga loyal customer datang lagi dan lagi karena penasaran dengan menu selanjutnya.
Kemudian, Wandi juga membuat brand turunan yakni Santap Sorai untuk bisa membuat bisnisnya terjun ke event-event kuliner. Ini karena jika Ruang Santap Cafe and Gallery yang dibawa ke event kuliner, akan terlalu 'riweuh' karena harus membawa home decor dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dengan target market yang berbeda dan konsep grab and go, terciptalah Santap Sorai.
Untuk diketahui, Ruang Santap berlokasi di Bandung, di mana di Kota Kembang ini banyak sekali event-event offline dan komunitas. Santap Sorai pun tercipta untuk membuat konsep bisnis lebih sederhana dan mudah diadaptasi maupun di duplikasi di acara event offline. Ini karena Wandi memiliki cita-cita untuk menyebarluaskan menu rumahan di bisnisnya ke berbagai daerah.
Wandi menjelaskan untuk ikut andil dalam event-event offline yakni harus mematuhi aturan yang berlaku. Misalnya, seperti Santap Sorai yang tidak memerlukan waktu memasak yakni cukup dihangatkan di microwave, sebuah event yang pernah diikuti Santap Sorai yakni melarang adanya api yang keluar dari gas. Sekalipun ada proses memasak, harus dengan kompor listrik.
Sehingga, persiapkan secara matang term and condition dari setiap event. Lalu, siapkan peralatan sebaik mungkin serta mudah dibawa. Kemudian, perhatikan apa saja yang sudah disediakan panitia penyelenggara dan pastikan packaging yang telah disiapkan menarik. Jangan lupa untuk memilih tempat-tempat strategis di event tersebut.
Tips untuk memilih event dari Wandi yaitu lihat siapa target market dari event tersebut. Kemudian, pilih event yang sudah terkenal sehingga ada banyak orang yang akan datang tanpa perlu sounding secara mandiri. Kemudian, pastikan budget-nya masuk akal.
Lalu, lakukan sounding secara mandiri lewat sosial media dan teman yang memiliki kedekatan emosional, sehingga mereka dengan senang hati memposting event yang akan kita jalani. Kemudian, terakhir, bangun relasi dan kedekatan dengan tenant-tenant sekitar karena bisa jadi akan ada kesempatan lain seperti kolaborasi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait:
Advertisement