Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Influencer Marketing?

Apa Itu Influencer Marketing? Influencer | Kredit Foto: Unsplash/Amanda Vick
Warta Ekonomi, Jakarta -

Influencer marketing adalah bentuk pemasaran media sosial yang melibatkan endorsement dan penempatan produk dari influencer, orang, dan organisasi yang memiliki pengaruh sosial tinggi di bidangnya.

Influencer marketing adalah gabungan dari alat pemasaran lama dan baru. Dibutuhkan ide dukungan selebriti dan menempatkannya ke dalam kampanye pemasaran berbasis konten modern. Pembeda utama dalam hal pemasaran influencer adalah bahwa hasil kampanye adalah kolaborasi antara merek dan influencer.

Baca Juga: Apa Itu Aggregate Supply?

Tetapi pemasaran influencer tidak hanya melibatkan selebritas. Sebaliknya, itu berputar di sekitar influencer, banyak dari mereka tidak akan pernah menganggap diri mereka terkenal dalam pengaturan offline.

Penting juga untuk disadari bahwa sebagian besar influencer secara sistematis telah membangun audiens yang antusias dan antusias. Bukan kebetulan bahwa orang-orang ini mengikuti influencer daripada merek.

Audiens tidak terlalu peduli dengan merek Anda. Mereka hanya peduli dengan pendapat para influencer. Jangan mencoba memasukkan aturan dan praktik bisnis ke influencer Anda. Penonton adalah milik mereka, dan mereka bisa pergi begitu saja, membawa serta pengikut mereka.

Pemasaran influencer melibatkan merek yang berkolaborasi dengan influencer online untuk memasarkan salah satu produk atau layanannya. Beberapa kolaborasi pemasaran influencer hanya bekerja untuk meningkatkan pengenalan merek.

Misalnya pemasaran influencer melibatkan selebriti YouTube PewDiePie. Dia bekerja sama dengan pembuat film horor yang berlatar katakombe Prancis di bawah Paris, membuat serangkaian video di mana dia menjalani tantangan di katakombe. Itu adalah konten yang sempurna untuk 111 juta pelanggan PewDiePie dan menerima penayangan hampir dua kali lipat sebagai trailer film. Semua orang menang.

Influencer bisa menjadi fotografer fesyen populer di Instagram, atau blogger keamanan siber yang membaca tweet, atau eksekutif pemasaran yang disegani di LinkedIn. Dalam industri apa pun, ada orang-orang yang berpengaruh, pebisnis hanya perlu menemukan mereka. Beberapa akan memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengikut.

Tetapi banyak yang akan tampak lebih seperti orang biasa. Mereka mungkin hanya memiliki 10.000 pengikut, lebih sedikit dalam beberapa kasus. Namun, mereka akan mengembangkan reputasi sebagai ahli di bidangnya. Bergantung pada bidang keahlian mereka, mereka adalah orang-orang yang membuat postingan sosial paling menarik tentang topik spesialis mereka. Mereka berbagi gambar terbaik, membuat video paling menghibur, dan menjalankan diskusi online paling informatif.

Influencer marketing menghasilkan pembuatan konten baru karena pembuat konten ahli yang tahu cara melibatkan audiens media sosial sedang melakukan pembuatan.

Konten ini berasal dari luar studio konten biasa Anda, memberikan tampilan baru dan kepribadian yang berbeda. Konten Anda tidak hanya membuat orang-orang mendapatkan jeda, tetapi konten baru menarik bagi demografi influencer. Dengan kata lain, jangan menebak-nebak apa yang akan ditanggapi dengan baik oleh setiap pelanggan potensial, karena pada intinya, influencer adalah pembuat konten yang ahli.

Pemasaran influencer adalah taktik yang populer karena beberapa alasan. Tidak hanya dapat meningkatkan eksposur merek dengan cepat, tetapi juga merupakan cara yang hemat biaya untuk menampilkan bisnis Anda kepada konsumen yang mungkin tertarik dengan produk Anda. Namun, Anda harus mengidentifikasi influencer yang cocok agar kampanye berhasil. Jika tidak, Anda dapat merusak reputasi perusahaan Anda.

Setelah Anda menemukan pemberi pengaruh terbaik untuk kampanye Anda, gunakan alat pemasaran media sosial kami untuk meningkatkan upaya Anda.

Rencanakan postingan sebelumnya dengan platform postingan sosial organik kami atau jalankan iklan di Facebook dan Instagram untuk memaksimalkan jangkauan Anda. Apa pun industri Anda, kami dapat membantu Anda terhubung dengan audiens target Anda.

Influencer dapat menempati peran yang berbeda dalam ceruk atau industri. Beberapa, terutama di ruang B2B, adalah pemimpin pemikiran industri. Yang lain memiliki hobi, menjalankan blog, atau senang memotret kehidupan sehari-hari. Apapun, mereka berbagi gairah ini dengan khalayak yang lebih luas di media sosial. Seiring waktu, mereka menjadi influencer media sosial.

Influencer marketing adalah cara yang efektif untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda, mencapai tujuan bisnis, dan bahkan memangkas pengeluaran.

Pertumbuhan kesadaran merek

40% pemasar menggunakan influencer marketing untuk meningkatkan kesadaran merek, dan strategi ini berhasil dengan baik. Pemimpin opini membagikan kisah, misi, dan nilai merek Anda dengan basis pengikut mereka. Ini secara otomatis memperluas jangkauan dan pemosisian Anda secara online.

Enrichment strategi konten

Pemasaran influencer adalah peluang emas untuk menghidupkan postingan media sosial Anda. Anda dapat memposting ulang konten influencer atau mendorong pengikutnya untuk membuat konten buatan pengguna, seperti yang dilakukan 24% merek. Anda juga dapat menggunakan gambar blogger untuk saluran pemasaran lainnya, seperti iklan bertarget. Untuk menghindari masalah dengan hak cipta, sertakan dalam kontrak.

Quality lead generation

36% merek menggunakan pemasaran influencer untuk menghasilkan prospek. 72% dari mereka percaya bahwa saluran ini menghasilkan arahan berkualitas lebih tinggi dibandingkan dengan saluran lain. Orang umumnya merasa positif tentang merek yang diiklankan oleh blogger favorit mereka. Lebih baik lagi, beberapa jenis konten, seperti review, menarik prospek yang lebih hangat.

Efektivitas biaya

Saluran pemasaran lainnya membutuhkan pemasukan uang tunai secara teratur dari anggaran Anda. Misalnya, untuk mempromosikan merek Anda melalui pemasaran mesin pencari, Anda harus menambah akun Anda di platform periklanan. Jika tidak, iklan Anda akan hilang dari halaman hasil mesin pencari.

Pemasaran influencer dapat berkontribusi pada bisnis Anda dengan membantu Anda menumbuhkan kesadaran merek dan kehadiran online, serta memastikan terciptanya prospek. Bergantung pada tujuan Anda, Anda dapat memilih berbagai jenis kampanye pemasaran influencer.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: