Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tujuh Prospek Kerja Teknik Informatika Bikin Masa Depan Cerah

Tujuh Prospek Kerja Teknik Informatika Bikin Masa Depan Cerah Kredit Foto: Unsplash/Tran Mau Tri Tam
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setiap tahunnya banyak calon mahasiswa berbondong-bondong mengambil kuliah jurusan teknik informatika. Memang prospek kerja teknik informatika terkenal cerah mengingat perkembangan teknologi semakin maju.

Di era modern dan serba teknologi seperti sekarang ini, ada banyak kesempatan bagi lulusan teknik informatika untuk memulai kariernya. Kemampuan yang dimiliki para lulusan teknik informatika dibutuhkan banyak perusahaan.

Prospek Kerja Teknik Informatika 

Selain kedokteran, jurusan yang paling banyak diincar oleh calon mahasiswa baru setiap tahunnya adalah teknik informatika. Menurut masyarakat, jurusan ini selalu dibutuhkan dalam jangka panjang. Lalu apa saja prospek kerja lulusan teknik informatika?

Baca Juga: Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) Rampas Pekerjaan Konvensional, Perlu Diregulasi Pemerintah?

1. IT Consultant

Memiliki keahlian di bidang IT sepertinya bisa membuat Anda menjadi seorang konsultan. Profesi ini sangat menguntungkan karena Anda bisa menerapkan teknologi informasi untuk mengatur evaluasi, perencanaan, dan pelaksanaan kegiatan di perusahaan.

Menjadi konsultan IT adalah salah satu prospek kerja teknik informatika yang cukup menjanjikan. Gajinya memang tinggi, akan tetapi keahlian yang dimiliki juga harus sebanding. Para konsultan IT bertanggung jawab pada proses integrasi teknologi.

Selain itu Anda juga akan berhadapan dengan klien yang membutuhkan saran mengenai penggunaan teknologi agar lebih efisien. Salah satu skill yang harus Anda kuasai sebelum menjadi konsultan IT adalah kemampuan analisis yang kuat.

2. Mobile Application Developer

Menjadi seorang pengembang aplikasi mobile juga diisi oleh sarjana teknik informasi. Tugasnya adalah melakukan programming, pengujian, dan membuat aplikasi khusus untuk ponsel Android maupun iOs.

Seorang pengembang aplikasi mobile merupakan salah satu prospek kerja teknik informatika yang tidak kalah keren dibanding konsultan IT. Anda bisa membuat aplikasi apapun untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Tidak heran sekarang mulai banyak pengembang yang memunculkan berbagai aplikasi mobile mengingat ponsel sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Salah satu keahlian yang harus Anda miliki adalah memahami bahasa pemrograman.

3. System Analyst

Ingin bekerja sebagai seorang system analyst? Kuliah dulu di jurusan teknik informasi. Tugas seorang system analyst adalah memanfaatkan sistem khusus untuk mencari sebuah solusi dalam teknologi informasi.

Seorang system analyst harus mampu melakukan modifikasi serta mengoptimalkan sebuah sistem agar fitur-fiturnya bisa digunakan oleh pengguna. Para system analyst biasanya langsung diturunkan dalam sebuah proyek untuk menganalisis model bisnis.

Setelah menganalisis model bisnis yang dibutuhkan oleh sistem, system analyst akan melakukan pengebangkan produk serta mengujinya langsung dengan sistem.

4. Pengembang Android

Adapun prospek kerja teknik informatika berikutnya adalah pengembang Android atau Android developer. Sesuai dengan namanya, seorang pengembang Android hanya fokus pada satu sistem operasi saja.

Mereka akan merancang dan membuat aplikasi Android dimana harus memiliki kemampuan memahami bahasa pemrograman seperti Kotlin and Java. Perlu Anda ketahui bahwa profesi sebagai pengembang Android tersedia luas saat ini.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: