Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perkuat Pengawasan, BPOM Kebut Regionalisasi Laboratorium

Perkuat Pengawasan, BPOM Kebut Regionalisasi Laboratorium Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Industri obat dan makanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan manusia. Produk-produk ini tidak hanya berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga pada lingkungan.

Oleh karena itu, kerja sama antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangatlah penting untuk mencapai tujuan keberlanjutan lingkungan. Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Kusumastuti Lukito, pada acara Environmental Sustainability Corporate Governance di industri obat dan makanan, di Jakarta, Senin (17/7).

Baca Juga: Holi Pharma: Daftar Obat Sirop yang Dikeluarkan BPOM Bisa Beri Ketenangan kepada Masyarakat

Penny menegaskan peran penting para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam bekerja sama untuk lingkungan dan industri obat dan makanan. Selain itu, inovasi teknologi dan perilaku yang berkelanjutan serta insentif yang tepat, juga perlunya peraturan label yang ramah lingkungan menjadi faktor utama di dalamnya.

Salah satu aspek yang disorot adalah inovasi teknologi dan perilaku. Menurut dia, industri obat dan makanan harus mendorong pengembangan teknologi inovatif yang ramah lingkungan, seperti penggunaan bahan baku yang berkelanjutan dan proses produksi yang lebih efisien. 

"Selain itu, perubahan perilaku konsumen juga perlu didorong, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan memilih produk yang lebih ramah lingkungan," katanya.

Selain inovasi dan perilaku, peraturan juga memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Ia mengatakan, BPOM akan terus berperan aktif dalam mengembangkan dan menegakkan regulasi yang mengatur industri obat dan makanan untuk melindungi kesehatan masyarakat dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Kami juga berkomitmen melakukan regionalisasi laboratorium BPOM yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memperkuat pengawasan dan pengujian produk obat dan makanan secara lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: