Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Hari Anak Nasional, Tokopedia Tunjukkan Dukungan Lewat Halaman Khusus 'Tokopedia Parents'

Jelang Hari Anak Nasional, Tokopedia Tunjukkan Dukungan Lewat Halaman Khusus 'Tokopedia Parents' Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Medan -

Ada 10 hak anak yang diakui secara internasional dan nasional dan wajib dipenuhi. Dua di antaranya adalah hak untuk mendapatkan makanan dan hak untuk memperoleh pendidikan.

Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega, mengatakan, menjelang Hari Anak Nasional, Tokopedia berupaya membantu orang tua untuk memperhatikan pemilihan produk kebutuhan anak, seperti makanan dan buku, demi memenuhi hak, melindungi, serta menunjang tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Kebiasaan Berbelanja Mulai Beralih, Pengamat: Pendapatan Penjual di Tokopedia Tetap Konsisten

"Saat ini, sudah ada 1,8 miliar produk yang terdaftar di Tokopedia, termasuk berbagai produk kebutuhan anak. Untuk mempermudah orang tua mendapatkan produk kebutuhan anak terkurasi, Tokopedia menghadirkan halaman khusus Tokopedia Parents," kata Antonia, dalam acara Virtual Media Briefing, Jumat (21/7/2023).

Berbagai upaya tersebut menciptakan tren belanja online produk kebutuhan anak di Tokopedia. 

"Buku aktivitas, buku cerita anak (termasuk dongeng dan fabel) dan buku dunia pengetahuan tercatat sebagai sejumlah produk yang paling laris pada kategori produk Buku Anak di Tokopedia, sepanjang kuartal II 2023," jelasnya.

Tokopedia berkolaborasi dengan dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, SpA (atau dr. Tiwi) untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya orang tua terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak, serta pentingnya peran orang tua dalam proses tumbuh kembang anak sejak usia dini.

"Dua tahun pertama hingga umur emas (5 tahun) merupakan masa yang paling penting dalam proses tumbuh kembang anak. Maka banyak yang harus disiapkan oleh orang tua pada masa ini. Salah satunya adalah memastikan asupan gizi anak seimbang," jelas dr. Tiwi.

Salah satu UMKM di Tokopedia asal Bali, yang didirikan oleh Anak Agung Sri Anjani pada tahun 2017, Kids Spoon, menawarkan berbagai pilihan produk makanan anak tanpa bahan pengawet dan penyedap tambahan. Produk yang ditawarkan, seperti bubur MPASI, bakso ayam, siomay, aneka nugget hingga kukis.

"Kids Spoon merupakan bentuk usaha kami dalam membantu orang tua di Bali maupun seluruh Indonesia memenuhi hak dan melindungi anak, khususnya dalam mendapatkan makanan anak yang aman dan bergizi, namun tetap enak. Produk kami pun sudah bersertifikasi BPOM RI," jelas Anjani.

Baca Juga: Profil Melissa Siska Juminto, Presiden Tokopedia Berpengaruh Tahun 2023

Di sisi lain, Rabbit Hole merupakan contoh UMKM di Tokopedia yang menjual berbagai produk buku untuk anak usia 0-7 tahun sejak 2014. Rabbit Hole didirikan oleh Devi Raissa dan Guntur Gustanto, yang juga merupakan psikolog anak, untuk menunjang tumbuh kembang otak anak sekaligus memperkuat hubungan antara anak dan orang tua.

"Dalam membuat buku di Rabbit Hole, kami selalu mempertimbangkan proses perkembangan anak serta kebutuhan anak di masing-masing usia. Selain dari sisi konten, kami juga memperhatikan dari sisi bahan material yang digunakan untuk membuat buku. Misalnya, kertas food grade dan tinta yang ramah untuk bayi dan anak," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: