Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendag: Data Jadi Pilar Utama yang Dukung Aktivitas Ekosistem Digital

Mendag: Data Jadi Pilar Utama yang Dukung Aktivitas Ekosistem Digital Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan bahwa layanan penyedia komputasi awan (cloud) oleh Alibaba Cloud Indonesia memberi manfaat bagi penyelenggaraan ekonomi digital, khususnya untuk efisiensi dan keamanan. 

“Besarnya aktivitas pada ekosistem digital, terutama pada sektor e-commerce, memiliki hubungan yang erat dengan data di dalamnya. Data menjadi pilar utama yang mendukung aktivitas ekosistem digital,” ujar Zulkifli saat pidato pembukaan acara Apsara DB Forward Alibaba Cloud Data Management Summit di Jakarta pada Selasa (25/7/2023).

Zulkifli juga menjelaskan, besarnya aktivitas yang terjadi di ekosistem digital membutuhkan infrastruktur yang harus siap melayani kebutuhan masif, termasuk kebutuhan sumber komputasi (computing resource), ruang penyimpanan (storage), dan lain-lainnya. 

Baca Juga: Alibaba Cloud Luncurkan Model AI Image Generation 'Tongyi Wanxiang'

“Kehadiran pelaku usaha yang bergerak di bidang penyediaan fasilitas komputasi awan (cloud computing), ruang penyimpanan awan (cloud storage), atau teknologi lainnya yang mampu mendukung pemanfaatan ekonomi digital yang lebih besar tentu sangat dibutuhkan,” sambungnya. 

Zulkifli berharap, adanya penyedia-penyedia layanan awan ini dapat membentuk sinergi kuat antara pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem data dan perdagangan digital yang inklusif dan berdaya saing.

“Kita semua dapat menjadikan data sebagai sumber daya yang kuat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan manfaat nyata bagi seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Tambah Investasi di Indonesia, Alibaba Cloud Kenalkan Beberapa Produk dan Solusi AI

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: