Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Di Tengah Kondisi yang Menantang, AVIA Berhasil Kantongi Penjualan Rp3,5 Triliun dari Januari hingga Juni 2023

Di Tengah Kondisi yang Menantang, AVIA Berhasil Kantongi Penjualan Rp3,5 Triliun dari Januari hingga Juni 2023 Kredit Foto: AVIA
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penjualan PT Avia Avian Tbk (AVIA) pada semester pertama tahun ini berhasil mencapai sebesar Rp3,5 triliun. Total penjualan ini mengalami peningkatan sebesar 3,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Margin laba kotor tercatat sebesar 45,2% atau setara dengan Rp1,6 triliun, meningkat 14,5% dibandingkan semester pertama tahun lalu yang tercatat sebesar Rp1,4 triliun. EBITDA juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 10,6% menjadi Rp1,0 triliun dengan tingkat margin sebesar 28,9%. Laba bersih berhasil tercatat sebesar Rp808 miliar, meningkat 3,9% dibandingkan tahun lalu, dengan margin sebesar 23,0%.

“Pada semester pertama tahun ini, baik segmen solusi arsitektur maupun barang dagangan mencatat kinerja yang positif. Kinerja segmen solusi arsitektur ditopang oleh peningkatan penjualan pada kategori cat dinding, cat pelapis anti bocor, dan cat kayu & besi,” kata Sekretaris Perusahaan Avia Avian, Hera Septi Astuti, dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (2/8/2023). 

Baca Juga: Dalam Enam Bulan Keuntungan Sudah 81% dari Target, Bos UNIQ Ungkap Faktor Pendorongnya

Di sisi lain, kinerja segmen barang dagangan didukung oleh peningkatan penjualan pada kategori pipa PVC. Segmen solusi arsitektur berkontribusi sebesar 82,3% terhadap total penjualan, sedangkan kontribusi segmen barang dagangan adalah sebesar 17,7%. Di dalam segmen solusi arsitektur, kontribusi penjualan tertinggi berasal dari kategori cat pelapis anti bocor sebesar 25,7%, diikuti oleh kategori cat dinding dan cat kayu & besi, masing-masing sebesar 23,7% dan 19,5%. Untuk segmen barang dagangan, kategori pipa PVC memiliki kontribusi tertinggi sebesar 12,9%.

Dalam upaya untuk memperkuat posisinya, lanjut Hera, AVIA secara konsisten menjalankan berbagai strategi, baik dalam hal perluasan pusat distribusi untuk memperkuat penetrasi produk di pasar, maupun dalam hal pengenalan produk baru. Berkaitan dengan pusat distribusi, sampai dengan akhir semester pertama tahun ini, AVIA memiliki sebanyak 114 pusat distribusi milik sendiri, 37 pusat distribusi pihak ketiga, dan ditambah dengan 13 pusat distribusi mini. 

“Selama periode semester pertama tahun ini, AVIA telah melakukan penambahan sebanyak 5 pusat distribusi sendiri dan 9 pusat distribusi mini. Di pusat distribusi yang dimiliki sendiri, dengan armada truk yang dimiliki, AVIA mampu melakukan pengiriman sebanyak lebih dari 10.000 kali dalam satu hari,” ungkapnya. 

Baca Juga: Penjualan Daging Meningkat, Dalam Enam Bulan Keuntungan Estika Tata Tiara Capai Rp52 Miliar

Menurut Hera, AVIA berfokus untuk memberikan pelayanan berkualitas tinggi berupa one-day delivery, sehingga pelanggan yang melakukan pemesanan barang hari ini dapat langsung menerima barang tersebut pada hari berikutnya. “AVIA telah melayani lebih dari 56.000 toko bahan bangunan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” tambhahnya. 

Hera menuturkan jika terlepas dari dinamika perekonomian saat ini yang cukup menantang, AVIA terus melakukan inovasi untuk melengkapi portofolio produk dengan menggunakan merek yang sudah dikenal luas serta diterima dengan baik oleh konsumen. Avian Cling untuk kategori cat kayu & besi yang diluncurkan pada Desember 2022 terbukti mampu memberikan kontribusi yang baik. Demikian juga Avitex Gold untuk kategori cat dinding, dapat diterima oleh pasar dikarenakan kualitas dan kelebihan fitur sebagai cat interior maupun eksterior.

“Pada kuartal dua sendiri, AVIA meluncurkan tiga produk baru, yakni Admiral Cat Kapal dan Admiral Wood Filler Epoxy pada kategori cat kapal, serta ARIES Bling pada kategori cat dinding. Untuk ARIES Bling diharapkan dapat juga diterima pasar dengan baik, mengingat merek ARIES cukup dikenal,” tuturnya. 

AVIA memiliki fasilitas Research, Development, & Innovation (RDI) yang kuat yang dilengkapi dengan peralatan modern dan tenaga ahli berkualitas sehingga AVIA dapat secara konsisten mengembangkan produk-produk inovatif yang sejalan dengan kebutuhan pasar. AVIA juga memiliki komitmen yang tinggi dalam hal ESG. AVIA terus berupaya meningkatkan produk-produk yang lebih ramah lingkungan dengan memperoleh Green Label Certification dari Singapura. Beberapa produk yang telah memperoleh sertifikasi tersebut diantaranya Supersilk Anti Noda, Sunguard, Avitex Gold, Avitex Anti Virus, No Drop Anti Panas, dan lain sebagainya. 

“Hal tersebut merupakan bagian dari Upaya AVIA guna mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Pengembangan produk baru juga disertai dengan perluasan bisnis pada divisi Proyek & Komersial, melalui kontraktor, desain interior, arsitek, maupun perusahaan korporat dengan banyak cabang,” tutup Hera.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: