Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN NP Siagakan Ribuan Personel Sambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

PLN NP Siagakan Ribuan Personel Sambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT PLN Nusantara Power (NP) menyiagakan sebanyak 3.251 personel di seluruh unit pembangkit untuk siaga Hari Kemerdekaan pada 16-18 Agustus 2023. 

Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah mengtakan, hal tersebut dilakukan guna menjaga pasokan listrik berkualitas bagi masyarakat Indonesia agar pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, masyarakat mendapatkan nyala terang dari energi listrik. 

"PLN Nusantara Power menyiagakan 13.605 MW di seluruh penjuru Indonesia. Siaga ini dihelat guna menjaga keamanan serta keandalan pasokan listrik menjelang Hari Kemerdekaan," ujat Rully dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga: Mengulik Alasan di Balik Serbuan Mobil Listrik China di Pasar Otomotif Indonesia

Rully mengatakan, perseroan memastikan amannya pasokan listrik di seluruh pembangkit yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, mulai dari PLTMG Arun di Lhokseumawe, Aceh; PLTU Teluk Balikpapan; dan PLTU Pulang Pisau di Kalimantan, seluruh PLTU dan PLTA di Pulau Jawa, hingga PLTU Ropa di Ende, Nusa Tenggara Timur. Tidak terkecuali PLTU Tidore yang berperan penting dalam melistriki Indonesia bagian Timur.

"Kami berkomitmen mengawal energi listrik ini di Indonesia agar terwujud Hari Kemerdekaan RI ke-78 yang terang. Sebesar 13.605 MW telah kami siapkan dan kami pasok tanpa henti," ujarnya.

Lanjutnya, siaga ini juga dimaksudkan untuk memitigasi periode puncak fenomena El Nino yang diperkilrakan terjadi pada September 2023 sesuai analisis dari BMKG. 

Fenomena El Nino akan berdampak kepada ketersediaan air untuk pembangkit hidro (PLTA) dan berpotensi pada gangguan penyediaan batu bara yang transportasinya melalui sungai. 

Melalui siaga ini, PLN NP melakukan berbagai langkah preventif dan predictive maintenance serta menjaga kualitas pekerjaan pada unit pembangkit, sehingga keandalan pasokan listrik bagi masyarakat tetap terjaga. 

PLN NP juga akan meningkatkan kewaspadaan, baik aspek teknis dan nonteksi serta kesiapsiagaan tanggap darurta terhadap seluruh potensi yang bisa muncul pada unit pemangkit. 

"Dalam siaga menyambut kemerdekaan ini PLN NP akan terus meningkatkan patrol check, preventif, prediktif, dan keamanannya di seluruh unit pembangkit. Kami pastikan pasokan listrik dari unit pembangkit akan terus terjaga," ucapnya.

Dalam upayanya, PLN NP menggandeng dan meningkatkan koordinasi dengan pihak keamaan serta stakeholder terkait dalam pengamanan aset vital dan strategis di unit pembangkit.

Baca Juga: PLN Dinobatkan Jadi Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama Versi Serikat Perusahaan Pers

Baca Juga: Pikachu's Indonesia Journey Digelar di Bali, Upaya Promosi Pariwisata dan Pokemon

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: