Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Jalin Kerja Sama Bidang Energi dengan Tanzania, Libatkan Pertamina, PLN, & MIND ID

Indonesia Jalin Kerja Sama Bidang Energi dengan Tanzania, Libatkan Pertamina, PLN, & MIND ID Kredit Foto: Kementerian ESDM
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, Indonesia menjalin kerja sama dengan Tanzania dalam sektor energi. 

Agung menyebut, kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Tanzania meliputi, kerja sama Government to Government (G2G) dan Business to Business (B2B), yang dilakukan oleh BUMN sektor energi Indonesia.

"Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antarkedua pemerintah dilakukan oleh Menteri ESDM Indonesia dan Menteri Energi Tanzania," ujar Agung dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (24/8/2023). 

Baca Juga: Negara ASEAN Diharapkan Punya Skema Pendanaan Transisi Energi

Agung mengatakan, kerja sama tersebut melingkupi ekplorasi industri perminyakan; pertukaran dan informasi ekplorasi pengembangan minyak bumi; promosi untuk investasi bidang ketenagalistrikan dan energi terbarukan; berbagi pengetahuan dan pengalaman di sektor perminyakan, ketenagalistrikan, dan energi terbarukan; serta peningkatan kapasitas melalui pelatihan. 

Adapun kerja sama B2B di sektor energi, terdiri dari MoU kerja sama energi antara PT Pertamina (Persero) dan Tanzania Petroleum Development Corporation (TPDC) dengan area kerja sama terkait capacity building dalam eksplorasi hidrokarbon dan value chain; pertukaran pengetahuan, pengalaman, data teknis, laporan dan informasi di bidang hidrokarbon; dan penjajakan area potensial untuk yang memberikan keuntungan bersama di subsektor minyak dan gas di Tanzania.

Kemudian, MoU kerja sama Pertukaran Komprehensif dan Transformasi Sistem Ketenagalistrikan antara PT PLN (Persero) dan Tanzania Electric Supply Company Limited (TANESCO) dengan area kerja sama pertukaran data dan/atau informasi dalam rangka kerja sama mendukung transformasi digital di TANESCO.

Terbaru adalah MoU on Cooperation in the Field of Mining antara MIND ID dan STAMICO dengan area kerja sama geologi, kegiatan pengeboran eksplorasi mineral, pelatihan dan pembangunan kapasitas, serta pengembangan bersama proyek pertambangan di Tanzania.

Baca Juga: Motor Jadi Hemat dan Panjang Umur, PLN Dukung Konversi Motor Listrik di Indonesia

Baca Juga: Lansia Asal Jakarta Tewas Tergulung Ombak di Pantai Double Six

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: