Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tren Positif Berlanjut, Laba WEHA Meningkat 129% di Semester I 2023

Tren Positif Berlanjut, Laba WEHA Meningkat 129% di Semester I 2023 Kredit Foto: WEHA
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dengan terus meningkatnya kinerja Perseroan di semester pertama tahun 2023, WEHA kembali mencatatkan kinerja yang sangat positif. Pendapatan perseroan meningkat sebesar 61% menjadi sebesar Rp123 milliar dibandingkan semester pertama tahun 2022 sebesar Rp77 milliar, serta mencatatkan laba bersih pada semester pertama 2023 sebesar Rp13,9 miliar atau meningkat sebesar 129% dibandingkan semester pertama tahun 2022 di mana laba bersih Perseroan sebesar Rp6,1 miliar.

EBITDA Perseroan juga meningkat sebesar 64% di mana terjadi peningkatan dari Rp23 Miliar di tahun 2022 menjadi Rp38 miliar di tahun 2023.

Baca Juga: Cetak Laba Rp16,2 Miliar pada Paruh Pertama 2023, PT Timah Optimistis Bisa Terus Memperbaiki Kinerja

Seperti diketahui, perseroan mempunyai 3 lini usaha yaitu bus charter, intercity shuttle dan logistik, serta open trip. Ketiga lini usaha tersebut membukukan kinerja pendapatan yang positif selama kuartal pertama ditahun 2023. Pendapatan segmen bus charter meningkat dari Rp38,1 miliar di tahun 2022 menjadi Rp50,4 miliar di tahun 2023 atau meningkat sebesar 32% dibandingkan dengan tahun 2022.

Pendapatan segmen intercity shuttle meningkat dari Rp34,5 miliar di tahun 2022 menjadi Rp67,8 miliar di tahun 2023 atau meningkat sebesar 97% dibandingkan dengan tahun 2022. Untuk segmen open trip, pendapatan di kuartal pertama tahun 2023 juga meningkat sebesar 27% menjadi Rp4,7 miliar dibandingkan tahun 2022 dikuartal yang sama yang hanya sebesar Rp3,7 miliar.

Di lini usaha bus charter (White Horse), Perseroan terus menitikberatkan kepada segmen market perusahaan untuk kegiatan corporate shuttle dan outing. Kemudian untuk segmen sekolah di kegiatan field trip serta sektor Perorangan terdapat pent-up demand yang begitu besar yang didapatkan melalui peran media sosial.

Perseroan juga melakukan renovasi beberapa armada bussehingga pelanggan merasa nyaman saat menggunakan armada Perseroan. Di semester 1 Perseroan melakukan penambahan beberapa armada baru yang sedang dipersiapkan seiring adanya permintaan dari pelanggan yang cukup tinggi.

Di lini usaha intercity shuttle (DayTrans) selama tahun 2023, Perseroan melakukan penambahan armada dan menambah counter baru serta tetap mempertahankan rute-rute yang menjadi favorit bagi pelanggan. Selain itu Perseroan berhasil melakukan antisipasi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran dengan penambahan armada Perseroan berhasil mendapatkan peningkatan pendapatan yang cukup signifikan.

Bisnis paket ikut menyumbang utilisasi kendaraan per trip yang dijalankan di lini intercity shuttle dan logistik. 

Baca Juga: Dukung Kinerja Perusahaan, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Gelar Vendor Day 2023

Di lini usaha open trip (Explorer.ID) peningkatan pendapatan disebabkan adanya peningkatan permintaan dari sektor corporate outing serta kebijakan di mana masyarakat tidak diharuskan untuk menggunakan masker menyebabkan permintaan masyarakat semakin meningkat. Serta destinasi-destinasi baru yang tersedia di paket open trip Explorer.ID juga menambah minat masyarakat untuk berwisata.

Penetrasi digital dengan mengembangkan startegi-strategi baru menjadi jadi lebih mudah untuk di eksekusi, karena hampir semua inisiasi bisa langsung sampai ke pelanggan karena aplikasi kami sekarang banyak di handphone masyarakat. Dengan aplikasi kami jadi lebih mudah untuk menyampaikan informasi dan menjangkau pelanggan dengan biaya yang lebih murah dan efektif.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: