- Home
- /
- Kabar Finansial
- /
- Bursa
Sukses Besar, Laba Bersih White Horse Bus Meroket 237% Sepanjang Kuartal I-2023!
Sepanjang tiga bulan pertama di tahun 2023, PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang mengesankan. Pasalnya, perusahaan yang terkenal dengan bus pariwisata premium dengan merek White Horse itu mengantongi laba sebesar Rp5,2 miliar. Jika dibandingkan dengan perolehan pada periode yang sama di tahun sebelumnya yang berada di angka Rp1,5 miliar, ada lonjakan hingga 237%.
Sejalan dengan meningkatnya nominal laba bersih, angka pendapatan perusahaan ikut mengalami lompatan. Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis oleh perusahaan, sepanjang kuartal I tahun 2023, diketahui bahwa White Horse Group mencatatkan perolehan pendapatan sebesar Rp55 miliar. Nominal itu menunjukkan kenaikan sebesar 65% jika dibandingkan dengan pendapatan sepanjang kuartal I tahun 2022.
Baca Juga: Susut 9,88%, Bank Panin Kantongi Laba Sebesar Rp589,51 Miliar pada Kuartal I-2023
Meningkatnya nominal pendapatan didukung oleh tiga lini usaha perusahaan, yakni bus charter, intercity shuttle dan logistik, serta paket wisata open trip. Ketiga segmen tersebut masing-masing menyumbang Rp23 miliar, Rp30 miliar, dan Rp1,4 miliar.
Tidak hanya itu, EBITDA White Horse Group juga dilaporkan mengalami peningkatan drastis sebesar 77%. Merujuk dari sumber yang sama, per 31 Maret 2023, EBITDA perusahaan itu berada di posisi Rp16 miliar. Padahal, per 31 Maret 2022, EBITDA perusahaan itu hanya berada di angka Rp9 miliar.
Baca Juga: Pertamina Raih Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, Pengamat Ungkap Penyebabnya
Direktur Utama WEHA Transportasi Indonesia, Andrianto Putera Tirtawisata, menyampaikan bahwa untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja perusahaan, dewan direksi berkomitmen untuk melakukan inovasi, renovasi, dan promosi dengan lebih maksimal. Selain itu, penetrasi digital juga akan lebih digalakkan supaya konsumen lebih dimudahkan dalam mengakses layanan White Horse Group.
“Di lini usaha bus charter, kami akan fokus pada segmen perusahaan, sekolah, dan perorangan sembari melakukan renovasi atas beberapa armada untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Di lini usaha intercity shuttle, kami berencana untuk melakukan penambahan armada dan counter baru. Sementara itu, di lini usaha open trip, kami akan membuka destinasi baru di Jawa Tengah dan Bali,” ungkap Andrianto dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu, 26 April 2023.
Baca Juga: Keren, Avrist Bukukan Laba Bersih Rp122 Miliar di Sepanjang 2022
Perihal penetrasi digital, perusahaan tersebut sudah merilis aplikasi Daytrans dan Explorer.ID. Aplikasi Daytrans dikabarkan sudah dipakai oleh 350.000 pengguna, sedangkan aplikasi Explorer.ID telah digunakan oleh 250.000 konsumen. Adanya dua aplikasi tersebut dinilai bisa menjangkau pelanggan, mempercepat persebaran informasi, dan memangkas pengeluaran perusahaan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Yohanna Valerie Immanuella
Editor: Yohanna Valerie Immanuella
Advertisement