Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BSI Konsisten Dorong Pembiayaan Berkelanjutan

BSI Konsisten Dorong Pembiayaan Berkelanjutan Kredit Foto: BSI
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) memboyong Katadata Corporate Sustainability Awards 2023. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan dan menciptakan inisiatif sistem yang secara berkelanjutan mampu memberikan dampak positif kepada lingkungan.

“BSI memperlihatkan komitmen dalam menerapkan sustainable finance and banking. BSI mampu menciptakan sinergi di antara pertumbuhan bisnis, kebaikan serta manfaat untuk umat dan nasabah, kesejahteraan lingkungan dan masyarakat secara luas, dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),” kata Direktur Katadata Insight Center Adek Media Roza saat acara pemberian penghargaan di ajang SAFE 2023, Selasa (26/9) di Jakarta.

Baca Juga: Oona Luncurkan Asuransi Keterlambatan Penerbangan Inovatif di Website Chatbot, WhatsApp, dan Facebook Messenger di Indonesia

Beberapa hal menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini, salah satunya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau, misalnya transisi energi bersih. Pertimbangan lain adalah aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan lain-lain.

Sementara itu Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan penerapan governance, risk, and compliance (GRC) yang kuat merupakan kunci BSI dapat menjaga kinerja positif sepanjang tahun berjalan 2023. Di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan, BSI berhasil mencatatkan kinerja pertumbuhan laba semester I 2023.

Namun demikian, lanjut Hery prinsip menjaga keseimbangan di antara pertumbuhan ekonomi dengan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial demi keberlanjutan umat manusia sejalan dengan tujuan syariah atau maqoshid syariah.

“Bagi perbankan syariah, Sustainability dan Environmental-Social-Governance (ESG) menjadi suatu kesatuan dalam operasional perusahaan,” Ucap dia. 

Tujuan syariah itu terdiri dari hifdz diin (menjaga agama), hifdz nafs (menjaga jiwa), hifdz aql (menjaga akal), hifdz nasb (menjaga keturunan) dan hifdz maal (menjaga harta). BSI berkomitmen mewujudkan perbankan syariah yang menjadi cerminan dari Islam yang rahmatan lil alamin.

“BSI mengimplementasikan sustainable finance and banking. Ada tiga fokus dalam penerapannya, yaitu business refocusing, fixing the fundamentals, dan strengthen enablers. Pilar ini memperlihatkan bahwa keberlanjutan atau sustainability sudah menjadi bagian napas, jiwa, serta suatu kesatuan dalam operasional perusahaan BSI,”tegasnya.

Dengan kata lain, BSI menjadi rahmat bagi semesta alam melalui implementasi sustainable finance and banking yang mampu menciptakan sinergi antara pertumbuhan bisnis, kebaikan serta manfaat untuk umat dan nasabah, kesejahteraan lingkungan dan masyarakat secara luas, serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga: Kementerian ESDM Tidak Akan Geser Subsidi Energi, Gimana Nasib EBT?!

Pada tahun ini, Katadata memberikan anugerah Katadata Corporate Sustainability Awards kepada perusahaan di tujuh sektor, yaitu Keuangan (Finance), Pertambangan (Mining), Perkebunan (Plantation), Makanan dan Minuman (Food and Beverage), Transportasi & Logistik (Transportation and Logistic), Bahan Kimia (Chemicals), dan Energi (Energy).

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: