Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BSI dan BSI Maslahat Luncurkan Program Desa Bangun Sejahtera Indonesia

BSI dan BSI Maslahat Luncurkan Program Desa Bangun Sejahtera Indonesia Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

BSI Maslahat dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melakukan launching Desa BSI (Desa Bangun Sejahtera Indonesia) Klaster Pertanian Padi di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, pada Selasa, 26 September 2023.  

ProgramDesa BSI(Desa Bangun Sejahtera Indonesia) merupakan salah satu program pengembangan ekonomi masyarakat (mustahik) yang diinisiasi oleh BSI Maslahat melalui pendayagunaan Dana Zakat Korporat PT Bank Syariah Indonesia Tbk Sampai tahun 2023, BSI Maslahat telah memfasilitasi setidaknya 15 Desa di seluruh Indonesia, salah satunya Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogorini.

“Diharapakan program ini dapat memfasilitasi masyarakat melalui penguatan dan pengembangan sumber daya ekonomi, sehingga akan memberi manfaat keberlanjutan untuk masyarakat desa dan kesejahteraan pangan. Kami ucapkan terimakasih mohon dukungannya dari segala pihak untuk menyukseskan tujuan tersebut,” ucap Adjat Djatnika Basarah, Regional CEO BSI 5 Jakarta dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Desa Purwabakti Pamijahan Bogor mempunyai penerima manfaat sebesar 100 kepala keluarga/420 jiwa. Luas lahan desa ini sebesar 26,5 ha dengan total panen selama program 129,07 ton dan penjualan beras selama 3 bulan terakhiradalah Rp200 juta. Baca Juga: BSI Konsisten Dorong Pembiayaan Berkelanjutan

Dengan karakteristik seperti itu, komposisi mata pencaharian masyarakat di bidang pertanian dan perkebunan cukup banyak. Masyarakat bermata pencaharian bidang pertanian sebanyak 438 orang (86 orang sebagai petani, dan 352 sebagai buruh tani). 

“Program Desa BSI ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Purwabakti. Kami ucapkan terimakasih banyak yang sebesar-besarnya kepada BSI, BSI Maslahat dan seluruh stakeholder terkait atas program pemembangunan desa, pertanian serta ketahanan pangan,” ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mewakili Bupati Kabupaten Bogor.    

Adapun tujuan akhir Program Desa BSI adalah meningkatkan kesejahteraan pemetik manfaat (komunitas) yang diukur dari peningkatan pendapatan dari usaha yang dijalankan. Sesuai dengan temanya, maka program ini direncanakan menyasar desa-desa yang memiliki potensi sumberdaya lokal yang dapat dikembangkan. 

Pengembangan sumberdaya lokal difokuskan pada bidang usaha komunitas yang sejenis sehingga dapat dikelompokkan dalam satu klaster usaha. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah proses pembinaan serta intervensi program lainnya. 

Dalam pelaksanaan program, BSI Maslahat melakukan proses-proses pendampingan intensif, baik yang bersifat teknis maupun mentransformasi nilai-nilai keagamaan (spiritual). Dalam strategi pemberdayaan, penguatan kelembagaan merupakan salah satu faktor penting terutama untuk menunjang keberlanjutan program maupun kegiatan usaha. 

Camat Pamijahan, Imam Mahmudi menyambut baik program Desa BSI Klaster Pertanian Padi Desa Purwabakti. Ia berharap program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Purwabakti, khususnya petani padi. 

“Dengan adanya program ini, diharapkan produktivitas kelompok tani dan hasil padi di Desa Purwabakti dapat meningkat dan kesejahteraan masyarakatnya dapat terjamin,” ujar Imam Mahmudi.

Dengan launching Desa BSI Klaster Pertanian Padi Desa Purwabakti, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Purwabakti, khususnya petani padi.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: